BAGIKAN

Menara Millenium di San Fransisco, California, Amerika Serikat, dilaporkan telah turun satu inci lagi, namun para insinyur menemukan potensi perbaikan.

Millenium Tower sekarang berada 43 sentimeter lebih rendah dari pada saat dibuka pada 2008. Penurunan yang jauh lebih dalam terjadi pada tujuh bulan terakhir.

“Prioritas tertinggi kami adalah memperbaiki bangunan,” kata juru bicara Millenium Partners P J Johnston.

Ia menambahkan, Millenium Partners telah bekerja sama dengan asosiasi pemilik dan penghuni apartemen selama proses mediasi. Pengembang ini optimistis akan mencapai kesepakatan mengenai perbaikan tersebut.

“Untuk melakukannya, sangat penting bahwa kita menghormati kerahasiaan proses mediasi. Setiap solusi yang diusulkan sudah dimulai sampai kesepakatan tercapai,” kata Johnston.

Arup Group baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menunjukkan bahwa tingkat penurunan dan retakan terus berlanjut di bawah tanah.

Oleh karena itu, pengembang Millennium Partners telah menghubungi dua firma teknik untuk mencari solusi.

LERA dan DeSimone Consulting Engineers mengusulkan pengeboran antara 50 sampai 100 pondasi baru turun dari lantai bawah tanah ke batuan dasar di bawah 61 meter.

Perbaikan ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga 150 juta dollar AS (Rp 2,013 triliun). Adapun sebanyak 900 pondasi yang ada saat ini mencapai kedalaman hingga 28 meter.

Pengembang mengklaim, bangunan tersebut tetap aman, meski nilai apartemennya telah turun secara signifikan. Millenium juga menyebut perbaikan bisa dilakukan tanpa relokasi penghuni.

Meski demikian, tidak jelas siapa yang akan membayar tagihan tersebut, di tengah pertarungan hukum antara Millennium Partners dan proyek Transbay Transit Center yang sedang berlangsung di dekatnya.

Millenium Partners menyalahkan proyek tersebut mengambil peran dalam penurunan menara tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa pembangunan Salesforce Tower di blok berikutnya memperburuk penurunan.

Saling menyalahkan

“Mereka membangun terowongan setengah mil di kedalaman 60 kaki (18,29 meter) di bawah tanah dan di samping gedung kami. Mereka seharusnya (melindungi Milenium) dan tidak melakukannya,” kata Johnston.

Namun di sisi lain, Transbay Joint Powers Authority (TJPA) mengklaim, Millenium Partners hanya menenggelamkan tumpukan pasir sejauh 80 kaki (24,38 meter) ke dalam tanah dari yang seharusnya 200 kaki (60,96 meter) untuk memotong biaya.

Organisasi tersebut dilaporkan telah menghabiskan lebih dari 58 juta dollar AS (Rp 773,33 miliar) untuk membangun sistem penopang bawah tanah untuk menyangga Milenium sebelum memulai penggalian di tahun 2010.

Sistem tersebut menyebabkan anggaran proyek melonjak lebih dari 2,4 miliar dollar AS (Rp 32 triliun).

TJPA menegaskan, pihaknya tidak bertanggung jawab atas kemiringan dan penyelesaian yang berlebihan di Millennium Tower.

Adapun, Millennium Tower dirancang oleh perusahaan Handel Architects AS dan terletak di distrik Yerba Buena.

Saat ini, Millenium Tower merupakan bangunan residensial tertinggi di San Francisco, dan menara tertinggi ketiga di kota tersebut.

Sementara proyek Transbay Transit Center oleh Arsitek Pelli Clarke Pelli meliputi sebuah pusat transportasi, 557.418 meter persegi ruang kantor dan 4.000 unit hunian, bersama dengan Salesforce Tower setinggi 61 lantai.