BAGIKAN

Foster + Partners dan Apple telah menyelesaikan ‘Steve Jobs Theatre’ di apple park, sebuah struktur yang mewujudkan visi arsitek dan perusahaan teknologi  -produk yang dihasilkan dari kolaborasi erat selama delapan tahun. Konstruksi kaca silinder lobi terdiri dari empat puluh empat panel radial yang menopang atap berbentuk lensa. Dari permukaan tanah, seluruh ruangan lobi terlihat dari luar. Di atasnya terdapat 80,7 ton atap serat karbon terbesar di dunia yang seolah mengambang dengan mudah di atas lobi terbuka.

Dengan diameter 41 meter atap yang besar, sebagai perbandingan, secara efektif akan memungkinkannya untuk sepenuhnya menutupi pesawat boeing 757. Selama konstruksi, panel atap dipasang di tempat, berdekatan dengan struktur lobi yang ada, lalu diangkat ke atas kaca sebagai satu unit. Seperti banyak proyek apple, perusahaan mendorong batas-batas teknologi dan teknik -tidak terkecuali struktur ini. Secara keseluruhan, teater apple berdiri sebagai struktur dengan dukungan kaca terbesar di dunia, sebuah elemen desain yang tergabung dalam banyak toko ritel internasional perusahaan.

Elemen layanan bangunan seperti pipa sprinkler, sistem tenaga, dan fitur keamanan diintegrasikan ke dalam 44 sendi sambungan antara panel kaca lobi. Terletak di Cupertino, California, struktur Foster + Partners yang dirancang mampu menahan gempa hingga berkekuatan diatas delapan magnitude. Teater bentuknya sederhana, Lift kaca yang menghubungkan lobi dengan teater di bawah tanah, tingginya 13 meter. Desainnya menggunakan rel helical guide untuk memutar lift 171 derajat – lift penumpang pertama yang menggunakan teknologi ini.

Sebuah tangga melengkung membawa pengunjung dari lobi batu kapur serpeggiante castagna menuju ke auditorium di bawah tanah. Untuk auditorium, lokasi pembukaan iphone terbaru Apple, Foster + Partners menciptakan ruang berbentuk kipas. Deretan kursi jok kulit impor Italia mengikuti geometri ruang. Perhatian desain terhadap detail juga mengharuskan papan lantai kayu dan alurnya mengikuti busur kursi. Untuk mengatasi masalah ini, tim berupaya memproses untuk mencapai tampilan yang diinginkan. Papan kayu ek lurus dan putih dibagi menjadi lima, strip yang sama dan dilekatkan ke bentuk radial.

‘Idenya sangat sederhana: atap melayang yang lembut yang menyediakan tempat berteduh di tengah lanskap California yang indah.’ Berkomentar bahwa dia lebih baik, partner eksekutif senior di mitra asuh. “Membuatnya terasa mudah adalah tantangan teknis dan teknik yang paling sulit yang harus kami selesaikan.”

Lift bergerak pada tiga rel heliks dan berputar 171 derajat

Struktur dirancang untuk mampu menahan gempa hingga berkekuatan diatas delapan magnitude

Kustom auditorium, tempat duduk kulit buatan tangan karya pengrajin di Poltrona Frau, Italia