BAGIKAN

Anda tidak akan mengharapkan McDonald’s Happy Meal menjadi obat untuk apapun, kecuali jika Anda kekurangan berat badan kronis. Namun, sebuah penelitian baru menemukan bahwa bahan utama dalam membuat makanan mungkin lebih baik digunakan untuk menyembuhkan kebotakan.

Periset di Yokohama National University menemukan bahwa mereka dapat menumbuhkan kembali rambut pada tikus (biasanya tidak dikenal dengan kebotakannya) menggunakan bahan kimia yang digunakan dalam memasak kentang goreng McDonald’s. Dengan menggunakan bahan kimia, tim memproduksi “kuman folikel rambut” (HFG) yang dapat menyebabkan pengobatan baru yang lebih efektif untuk rambut rontok dan kebotakan pola pria.

HFG adalah sel yang mendorong perkembangan folikel, dan telah disebut sebagai “Holy Grail” dari penelitian rambut rontok. Kuman, yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut, belum pernah diregenerasi sebelumnya, sampai tim peneliti ini mencapai hal itu.

Seekor tikus botak mendapatkan rambutnya kembali, berkat kentang goreng Prancis yang lezat. Universitas Nasional Yokohama / Biomaterial


Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biomaterials tersebut , membuat para ilmuwan membuat metode baru untuk memproduksi 5000 HFG secara massal. Saat ditransplantasikan ke dalam tikus botak, pertumbuhan rambut berhasil, menunjukkan tanda-tanda “folikel rambut dan helai rambut yang efisien”. Rambut terus tumbuh pada tikus.

Terobosan terbesar penelitian ini adalah kemampuan memproduksi HFG secara massal.

“Kunci untuk produksi massal HFG adalah pilihan bahan substrat untuk bejana kultur,” kata penulis Junji Fukuda dari Universitas Nasional Yokohama dalam sebuah  pernyataan . “Kami menggunakan oxygen-permeable dimethylpolysiloxane (PDMS) di dasar bejana kultur, dan hasilnya sangat baik.”

Dimethylpolysiloxane ditambahkan ke minyak di McDonalds untuk mencegah agar minyak tidak berbusa dan meletup pada karyawan, demi keselamatan mereka. Jika ingin mendarat di Anda, itu akan menyebabkan luka bakar, tidak menyembuhkan kebotakan Anda. Namun, dalam penelitian ini dipilih karena oksigen dapat dengan mudah melewati bahan kimia.

Anda tidak akan terkejut mengetahui bahwa tujuan akhir di sini bukan untuk menyembuhkan kebotakan tikus. Tim berharap metode ini bisa segera digunakan pada manusia untuk menyembuhkan kebotakan juga.

“Metode sederhana ini sangat kuat dan menjanjikan. Kami berharap teknik ini akan memperbaiki terapi regeneratif rambut manusia untuk mengobati rambut rontok seperti androgenic alopecia,” Fukuda menambahkan. “Sebenarnya, kami memiliki data awal yang menyarankan pembentukan HFG manusia menggunakan keratinosit manusia dan sel-sel papilla dermal.”