BAGIKAN

Fabrica – pusat penelitian komunikasi yang berbasis di Treviso, Italia – telah menyusun ruang kerja bersama di Bangkok yang berusaha menciptakan tempat untuk pengalaman bersama dan pribadi. Tujuh siswa menghadapi kesulitan keuangan – baik laki-laki maupun perempuan dan dari berbagai latar belakang dan budaya – telah ditawarkan ‘beasiswa luar angkasa’ sebagai tempat tinggal dan bekerja, mendorong komunikasi dan hubungan sesama. Desain tersebut bertujuan untuk memberikan para siswa rasa tanggung jawab, independensi, dan perasaan berada di rumah sendiri.

‘Beasiswa luar angkasa’ merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial oleh perusahaan AP public company limited, sebuah perusahaan pengembang properti terkemuka di Thailand. Mereka menugaskan Fabrica untuk merancang skema interior untuk beberapa unit kondominium di Bangkok.

Fabrica terlibat dalam penelitian ekstensif tentang filosofi hidup bersama, dan memutuskan untuk mencerminkan gagasan ‘tumpang tindih sosial’ melalui serangkaian skala, rincian, bahan dan warna. Fleksibilitas dan fungsionalitas juga menandai aspek signifikan dari perancangan pemikiran secara keseluruhan.

Interior apartemen dirancang dengan tujuan ganda: mereka dapat dibuka atau ditutup, tergantung pada apakah siswa ingin makan bersama, mengobrol, atau belajar dalam privasi. Penggunaan ruang yang efisien, sistem penyimpanan tersembunyi, elemen bergerak dan mudah disesuaikan, dan perabotan praktis membantu siswa mempertahankan apartemen yang terorganisir. Dengan memanfaatkan aspek serba guna, elemen modular, area kecil dimaksimalkan tanpa kehilangan ruang.

Desain tersebut bertujuan untuk memberikan para siswa rasa tanggung jawab, independensi, dan perasaan berada di rumah sendiri.
Interior apartemen dirancang dengan tujuan ganda
Konfigurasi apartemen bisa dibuka atau ditutup, tergantung kebutuhan siswa
Termasuk fitur sistem penyimpanan tersembunyi, dan elemen bergerak dan mudah disesuaikan
Furnitur praktis membantu siswa mempertahankan apartemen yang terorganisir
Gagasan ‘tumpang tindih sosial’ tercermin melalui serangkaian skala, detail, bahan dan warna
Fleksibilitas dan fungsi menandai aspek signifikan dari pemikiran desain
Lokasi ini berusaha menciptakan tempat untuk pengalaman bersama dan pribadi