Beranda Konstruksi Jembatan Klodran Tak Kalah Ikonik Dibanding Erasmus Bridge Rotterdam

Jembatan Klodran Tak Kalah Ikonik Dibanding Erasmus Bridge Rotterdam

353
BAGIKAN
Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono(RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com)

Yang paling mencolok adalah struktur jembatan yang sekaligus berfungsi sebagai simpang susun (interchange) di ruas tol ini, yakni Jembatan Klodran.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayanto mengatakan Jembatan Klodran adalah tengara atau ikon Tol Solo-Ngawi. Karena itu, desainnya istimewa.

Kendati istimewa dan dibuat dengan memenuhi unsur estetika, namun tidak melupakan fungsinya sebagai jembatan simpang susun, dan juga kualitas struktur.

Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono(RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com)
“Ikon baru kota Solo. Banyak warga sekitar yang melakukan selfie. Sebelum dibuka resmi, silakan ber-selfie ria. Tapi setelah itu, warga tidak boleh berfoto sembarangan, ada tempat istirahat yang kami sediakan khusus untuk mengabadikan Jembatan Klodran ini,” tutur David.

Hal senada dikemukakan Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Tol Ruas Solo-Kertosono, Agung Sukarjo. Menurut dia Jembatan Klodran memang didesain sebagai tengara Kota Solo.

Pasalnya, struktur seperti Jembatan Klodran yakni cable stayed jarang digunakan. Hingga saat ini, jembatan yang menggunakan cable stayed bisa dihitung dengan jari sebelah tangan yakni Jembatan Pasupati Bandung, dan Suramadu.

Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono(RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com)
Cable stayed pada Jembatan Klodran bukan ornamen hiasan seperti pada jembatan Grand Wisata di Bekasi. Fungsi cable stayed ini adalah sebagai struktur,” tutur Agung kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Rabu (21/6/2017).

Agung menjelaskan, rupa Jembatan Klodran ini tak kalah dibanding struktur serupa di kota Rotterdam, Belanda.

Erasmus Bridge di Rotterdam, Belanda.(www.holland.com)
Kota ini memiliki Erasmus Bridge yang demikian indah dan bila malam hari sorot lampu warna-warni menghiasai jembatan ini.

Demikian halnya dengan Jembatan Klodran, yang menurut Agung akan dilengkapi juga dengan pencahayaan atau lighting menarik. Untuk saat ini, tambah dia, masih menunggu terpasangnya jaringan listrik yang nanti akan dikoneksikan dengan Jembatan Klodran.