BAGIKAN

Konsep Pengobatan Holistik adalah salah satu disiplin ilmu yang mandiri dan merupakan gabungan dari berbagai macam pola pengobatan termasuk di dalamnya pola pengobatan barat atau konvensional dan pola pengobatan timur atau estern medicine yang bisa di pertanggung jawabkan secara medis dan organ tubuh secara optimal yang melibatkan keseimbangan kerja fisik, psikis, mental dan emosional dengan mengutamakan makanan atau diet sebagai obat utama. Merupakan usaha yang mencakup keseluruhan usaha pencegahan atau Prevention, Pengobatan atau kuratif, Perbaikan atau Rehabilitasi dan Promotif atau upaya peningkatan kesehatan.

Herzog & De Meuron mulai mengatur pekerjaan konstruksi pada bangunan pertamanya di Zurich, setelah rencananya tersebut disetujui untuk rumah sakit anak-anak dengan tempat tidur seluas 200 tempat tidur. Proyek yang dinamakan ‘Kinderspital Zürich’ atau rumah sakit anak-anak Zurich, akan menjadi yang terbesar di Swiss baik untuk rawat inap maupun rawat jalan bagi pasien anak-anak dan remaja. Pembangunan dijadwalkan selesai pada tahun 2022, satu dekade setelah perusahaan Swiss tersebut yang pada awalnya memenangkan kompetisi internasional untuk merancang fasilitas baru di tahun 2012.

Fasilitas tersebut akan menjadi yang terbesar di Swiss untuk rawat inap dan rawat jalan anak-anak © herzog & de meuron

Desain Herzog & De Meuron untuk Kinderspital Zürich terdiri dari dua bangunan: rumah sakit yang relatif rendah dan disebelahnya terdapat pusat penelitian. Tidak seperti bangunan rumah sakit konvensional, di mana pasien sering terpental bolak-balik di antara berbagai departemen, sifat horisontal dari skema ini memungkinkan pengalaman pasien yang lebih kohesif dan holistik. ‘Bentuk horisontal besar rumah sakit mendefinisikan sifat holistik bangunan, yang ditandai dari dalam oleh kelezatan detail material,’ kata tim desain.

Fasad dapat diisi dengan berbagai permukaan yang berbeda untuk memenuhi persyaratan pencahayaan siang hari dan privasi © herzog & meuron

Tata letak rumah sakit mengikuti jaringan perkotaan di mana departemen sesuai dengan ‘lingkungan’ dan setiap lantai memiliki jalan utama. Sementara itu, halaman internal tidak hanya menyediakan cahaya siang hari, tapi juga menyusun tata letak ruangan yang siku-siku. Lantai dasar – zona paling umum di rumah sakit – mengakomodasi fasilitas utama untuk pemeriksaan dan perawatan serta ruang gawat darurat, perawatan intensif dan ruang operasi. Tingkat pertama yang lebih rendah mencakup restoran dan akses ke layanan terapi.

Serambi rumah sakit diatur di sekitar halaman yang melingkar © herzog & meuron

Lantai kedua berisi sekitar 600 tempat kerja untuk staf medis dan administrasi, sementara lantai paling atas – area paling pribadi di rumah sakit – berisi empat bangsal yang menampung 114 kamar di antaranya. Diatur dalam struktur cincin yang berorientasi ke arah luar, ruangan telah dirancang seperti rumah-rumah kecil yang menawarkan privasi dan pemandangan luar yang menyenangkan. ‘ Fasad rumah sakit adalah anyaman berbagai bahan,’ jelas Herzog & Meuron. ‘Kerangka beton utama dan berulang adalah bagian dari struktur pendukung dan menyerupai rak yang dapat digunakan pada kedua ujungnya yang memiliki braket lantai pertama dan kedua.’ Konfigurasi ini memungkinkan kerangka kerja untuk diisi dengan berbagai permukaan yang berbeda (termasuk kayu, kaca, kain , atau tanaman) untuk memenuhi kebutuhan siang hari dan privasi setiap ruangan.

Sebuah agora untuk pengajaran yang dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan beragam program © herzog & meuron

Di sebelah utara, terdapat pusat penelitian yang berisi ruang untuk menggunakan rumah sakit universitas dalam struktur putih silinder. Secara internal, atrium bertingkat lima ini memberikan ruang sentral bagi para periset. Di bawahnya, sebuah agora -ruang publik- untuk pengajaran dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan beragam program. Di bagian atasnya terdapat lima lantai  ruangan laboratorium penelitian dan diagnostik serta kantor pembantu dengan tempat kerja permanen.

Pekerjaan konstruksi di lokasi direncanakan dimulai pada musim semi 2018, dengan jadwal penyelesaian yang dijadwalkan pada tahun 2022.


sumber : designboom wikipedia