BAGIKAN

Satu lagi proyek rumah murah yang disediakan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Proyek tersebut berlokasi di di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Bekasi.

Untuk mencapai lokasi dari Jakarta, detikFinance mencoba mencapainya dengan menggunakan mobil, melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Dari Jakarta Pusat, waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan mobil kurang dari tiga jam untuk mencapai lokasi ini.

Sesampainya di Bekasi, perjalanan ditempuh melewati Jalan Raya Imam Bonjol hingga ke Jalan Pilar Sukatani. Perjalanan mayoritas ditempuh dengan medan jalan yang lurus dan tak banyak belokan.

Namun demikian, akses transportasi umum untuk menuju ke lokasi perumahan memang cukup sulit. Dari terminal Cikarang, hanya ada satu angkutan umum yang menuju Jalan Raya Pulo Sirih, Sukajadi, lokasi perumahan ini berada. Untuk menuju gerbang perumahan, masyarakat juga harus menempuh jarak sekitar 300 meter lagi. Berdasarkan pantauan, belum tampak lalu lalang ojek online di lokasi ini.

Lokasi rumah juga bisa ditempuh dari stasiun kereta terdekat, Lemah Abang, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, termasuk waktu tempuhnya ke Kawasan Industri Jababeka.

Seperti diketahui, pembangunan Villa Kencana Cikarang telah dimulai sejak 2016. Rumah yang dibangun bagi kalangan MBR ini memiliki tipe 25/60 dengan harga per unit mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 141 juta. Adapun harga rumah yang variatif dibedakan berdasarkan lokasi rumah, di mana semakin dekat ke luar gerbang posisi rumah, maka harganya semakin mahal. Sedangkan yang makin ke belakang harganya semakin murah.

Kalangan MBR bisa memiliki rumah tapak dengan uang muka (down payment/DP) sekitar Rp 1,12 juta dan cicilan sekitar Rp 750-900 ribu per bulan. Untuk akses KPR, masyarakat cukup mengeluarkan DP sebesar 1% dan bunga cicilan 5% fixed hingga 20 tahun. (dna/dna)