Beranda Rekomendasi Ruang Kerja Sekaligus Tempat Tinggal Khusus Fotografer

Ruang Kerja Sekaligus Tempat Tinggal Khusus Fotografer

658
BAGIKAN
Hunian fotografer yang dirancang Kouichi Kimura.(www.dwell.com)

Sebuah bangunan dirancang arsitek Jepang, Kouichi Kimura, sebagai tempat kerja bagi seorang fotografer. Namun, tak hanya berfungsi sebagai tempat kerja, bangunan tersebut juga dapat difungsikan sebagai tempat tinggal.Pendiri FORM atau Kouichi Kimura Architects yang berbasis di prefektur Shiga itu, mengkombinasikan material sekaligus pencahayaan alami di dalam merancang sebuah galeri, yang juga berfungsi sebagai studio dan tempat tinggal.

Dikutip dari Dwell, Kimura membungkus lantai atas gedung ini dengan lembaran baja galvanis yang berfungsi sebagai alat untuk merefleksikan sekaligus memudahkan cahaya masuk ke dalam.

Di dalam menciptakan sebuah ruangan yang ideal, Kimura memanipulasi cahaya dan bayangan di seluruh bagian dalam interior, dengan meletakkan jendela secara tepat dan menebalkan dinding pada bagian depan.

Ruang tamu sekaligus dijadikan sebagai studio fografi.
Ruang tamu sekaligus dijadikan sebagai studio fografi.(www.dwell.com)

Sebagai contoh, pengunjung ditarik ke dalam sebuah galeri kosong dengan pencahayaan redup. Pada sisi lain, sebuah lorong berfungsi layaknya ‘hub’ yang menghubungkan ruangan pribadi.

Kimura juga mendesain bagian halaman luar yang seakan menyatu, namun terpisahkan dengan sebuah jendela selayaknya pintu yang lebar.

Atas permintaan klien, Kimura juga mendesai agar pembatas antara ruang kerja dengan tempat tinggal terkesan kabur. Untuk itu, lorong didesain selain sebagai penghubung juga sebagai tempat untuk menampilkan hasil karya. Sementara, ruang tamu utama memiliki fungsi lain yaitu sebagai studio foto.

Lorong penghubung
Lorong penghubung(www.dwell.com)

Untuk ruangan yang diperuntukkan sebagai tempat aktifitas umum, seperti galeri dan ruang studio atau ruang tamu, Kimura memilih lantai beton dengan dinding bercat putih sebagai warnanya. Sementara, lantai kayu digunakan pada ruang yang sifatnya pribadi, seperti kamar tidur.

Hasilnya, sebuah bangunan yang didesain untuk memperlancar sekaligus mempersonalisasi kehidupan kreatif seorang fotografer.