BAGIKAN

‘Pesawat’, struktur landmark Thomas Heatherwick yang akan membentuk pusat pengembangan Hudson New York, hampir selesai dikerjakan. Proyek ini diresmikan pada bulan september 2016, dengan konstruksi mulai berlangsung pada bulan April berikutnya. Terdiri dari 154 tangga masuk interkoneksi, struktur interaktif ini dimaksudkan untuk bisa didaki, dieksplorasi, dan dialami. Setelah selesai, desain – dengan hampir 2.500 langkah individu dan 80 pendaratan – akan menawarkan jalur sejauh satu mil di atas taman umum yang luas.

Desain studio Heatherwick terdiri dari kisi geometris untuk memotong tangga. Bentuk rangka baja yang dicat naik dari dasar berdiameter 50 kaki dan melebar di atas sampai 150 kaki, dengan bagian bawahnya dilapisi dengan kulit yang dipoles berwarna tembaga. “Kami melihat ini sebagai bangunan yang terbuat dari tangga,” kata Thomas Heatherwick pada peresmian pembukaan proyek.

‘Pesawat’ akan menjadi focal point dari lapangan umum dan taman yang dirancang oleh arsitek lansekap Nelson Byrd Woltz bekerja sama dengan studio Heatherwick. Diinformasikan oleh sejarah ekologi Manhattan yang kaya, situs ini akan menampilkan lebih dari lima hektar plaza dengan rumpun pepohonan, tanaman hutan, taman abadi dan air mancur sepanjang 200 kaki yang mencerminkan aliran sungai. Platform itu sendiri berfungsi sebagai penutup ventilasi di atas lapangan kereta api di bawah ini dan direkayasa untuk mendukung penanaman skala besar, sekaligus bertindak sebagai reservoir untuk pengelolaan dan penggunaan kembali air hujan di lokasi.

Hudson Yard sedang dikembangkan oleh perusahaan Related dan kelompok Oxford Propeties. Sedang dibangun di sisi barat Manhattan di tengah kota, skema luas adalah pengembangan real estat pribadi terbesar dalam sejarah negara-negara bersatu dan perkembangan terbesar di kota New York sejak Rockefeller Center pada tahun 1939. Lihatlah semua liputan desain tentang Hudson Yard di sini, termasuk rencana komprehensif masterplan-nya.

Struktur interaktif terdiri dari 154 tangga penerbangan interkoneksi
Setelah selesai, desainnya akan menawarkan jalur yang dapat diakses sejauh satu mil
Proyek ini mencakup hampir 2.500 langkah individual dan 80 pendaratan