Beranda Heritage 5 Tempat di Bumi Ini Seperti Kehilangan Gravitasinya

5 Tempat di Bumi Ini Seperti Kehilangan Gravitasinya

267
BAGIKAN
tempat anti gravitasi di bumi | stignace.com

Menurut hukum gravitasi bumi, semua yang dekat dengan permukaan bumi akan tertarik ke bawah dan menempel pada bumi. Oleh karena itu, kita tidak terlempar ke luar angkasa. Mungkinkah ada beberapa tempat di bumi yang tidak memiliki gaya gravitasi? Jika ada tempat seperti itu, apa yang akan terjadi pada orang-orang di sana? Brightside.me merangkum 5 tempat yang aneh dan seperti tidak punya gaya gravitasi.

1. Saint Igance Mystery Spot, Michigan, Amerika

mystery spot st ignace

 

Titik misteri ini ditemukan sekitar tahun 1950. Para penjelajah berada di area ini dan tiba-tiba seluruh peralatan elektronik mereka berhenti berfungsi. Anehnya, setelah dipelajari lebih lanjut, masalah elektronik yang mati ini hanya pada lingkup area berbentuk lingkaran dengan diameter 300kaki. Begitulah asal mula titik misteri ini ditemukan. Orang yang berada dalam lingkaran misteri ini bisa bertukar berat tubuh, Anda yang ringan menjadi berat dan sebaliknya. Anda juga bisa berdiri di tembok tanpa terjatuh. Masih banyak yang berdebat apakah ini memang karena kurangnya gaya gravitasi atau hanya ilusi.  Namun, nyatanya banyak yang percaya bahwa tempat ini memang aneh dan unik.

2. Mystery Spot, Santa Cruz, California

Titik misteri ini juga area berbentuk lingkaran dengan diameter 150 kaki di sebuah hutan di Santa Cruz. Pengunjung akan merasakan hal aneh ketika mereka berjalan di aerah ini. Contohnya, mereka akan merasa kelelahan karena seperti berjalan menanjak, padahal sebenarnya tanah di tempat itu datar. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi berdiri miring meski sebenarnya mereka dalam posisi tegak. Lagi-lagi, masih jadi perdebatan mengenai gaya gravitasi yang sepertinya hilang di tempat ini. Mystery Spot Santa Cruz ini selalu ramai oleh pengunjung yang penasaran untuk mencoba kehilangan gravitasi bumi di sini.

3. Hoover Dam, Nevada, Amerika

Bendungan Hoover Nevada

Hoover Dam adalah sebuah bendungan besar di Nevada. Uniknya, jika Anda menuangkan air di atas bendungan ini, air tidak jatuh ke bawah melainkan malah memercik ke atas. Secara ilmiah, hal ini bisa dijelaskan. Struktur bendungan di Hoover Dam ini menghasilkan aliran udara yang sangat kuat di dalamnya. Sehingga saat air dituangkan ke bawah, udara itu akan mendorong air naik ke atas, seperti dorongan angin. Dengan begitu, air dari atas tidak aka jatuh ke bawah, justru memercik ke atas. Bukan karena gravitas di tempat ini benar-benar hilang, ya!

4. Magnetic Hill, Leh Ladakh, India

lembah magnet India

Lembah magnet ini terletak di jalan lintas nasional di India. Sering disebut sebagai lembah magnet karena mobil yang melintas seperti bergerak sendiri ke jalan yang menanjak. Tanpa Anda perlu menginjak gas, mobil akan bergerak cepat seperti ditarik magnet. Namun, ini adalah ilusi optik yang diciptakan oleh alam. Jalanan di Magnetic Hill ini hanya terlihat menanjak, tapi sebenarnya jalan yang menurun. Dengan begitu, wajar saja mobil bergerak sendiri tanpa diinjak pedal gasnya.

5. Air Terjun Ke Atas, Faroe Island

air terjun terbalik

Bisakah Anda membayangkan air terjun, tapi airnya memancar ke atas seperti air mancur? Ada satu yang seperti itu di Pulau Faroe, di antara Skotlandia dan Islandia. Air menyembur ke atas dengan debit air yang cukup besar seperti air terjun. Hal ini ternyata murni karena ada tekanan udara atau angin yang cukup kuat di bawah tebingnya. Sehingga air disemburkan lagi ke atas dan bukan jatuh ke bawah. Itulah 5 tempat yang unik dan seperti melawan hukum gravitasi. Apakah Anda tahu tempat-tempat lain yang serupa?