Beranda Khalayak Kewaspadaan Saat Berada di Belakang Kendaraan Barang Bermuatan

Kewaspadaan Saat Berada di Belakang Kendaraan Barang Bermuatan

102
BAGIKAN

Kewaspadaan dan pemeliharaan kendaraan menjadi penting untuk antisipasi saat melaju. Siapapun tidak berkeinginan untuk mengalami musibah, sebagaimana yang terjadi pada hari Senin, 10 Juli 2017. Tiga orang meninggal dunia, dan beberapa korban lainnya luka-luka akibat Kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Raya HE Sukma (Bocimi) tepatnya di KM 16, tanjakan Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Senin (10/07/2017).

Obrin, saksi mata kejadian menuturkan, peristiwa bermula saat sebuah dum truck dari arah Sukabumi tengah melintas di jalur Ciherang menuju arah Bogor. Namun tiba-tiba saja, truk tersebut tak mampu lagi melaju. Diduga karena muatan berlebih, pengemudi truk pun tak mampu menahan laju kendaraannya, hingga akhirnya mundur dan langsung menabrak beberapa kendaraan yang berada tepat di belakangnya.

“Ya truk itu gak kuat menanjak, dan langsung mundur dengan kecepatan tinggi hingga menabrak beberapa kendaraan yang ada di belakangnya,” ungkap Obrin.

Beberapa kendaraan yang mengalami rusak berat antara lain, dua unit mini bus, satu mobil box dan sebuah sedan serta sebuah sepeda motor.

Hingga kini, identitas para korban yang meninggal belum diketahui, karena langsung dievakuasi pihak Satlantas Polsek Caringin. Akibat peristiwa ini, jalur yang dikenal dengan julukan “Jalur Tengkorak” ini pun sempat mengalami kemacetan panjang.

Sekedar informasi, jalur Bocimi terdapat sejumlah titik rawan kecelakaan, salah satunya di lokasi tanjakan Ciherang Pondok. Salah satu penyebabnya yakni minimnya rambu (traffic light) di jalur ini, serta banyaknya kendaraan dengan tonase berlebih yang kerap menghambat laju kendaraan lainnya, hingga kerap menyebabkan kemacetan.

“Ya karena muatan berat, maka tak jarang banyak kendaraan yang mencoba menyalip, dan itu juga yang sering memicu terjadinya tabrakan,” tandas Ucok, warga sekitar.