Beranda Kesehatan Mencuci dan Melipat Pakaian Bisa Mengurangi Risiko Kematian

Mencuci dan Melipat Pakaian Bisa Mengurangi Risiko Kematian

102
BAGIKAN
Pixabay.com

Aktivitas fisik yang ringan seperti mencuci pakaian ternyata bisa memperpanjang umur kita.

Mencuci dan melipat pakaian mungkin bukan kegiatan utama kita sehari-hari. Namun, menurut sebuah studi terbaru, aktivitas simpel seperti ini justru bisa memperpanjang umur.

Sebuah studi dari Amerika Serikat menemukan fakta bahwa, wanita lanjut usia yang sering melakukan aktivitas ‘ringan’ tadi, risiko kematiannya lebih rendah dibanding yang jarang melakukan pekerjaan rumah.

Wanita lanjut usia yang sehari-hari melakukan pekerjaan rumah, risiko kematiannya berkurang hingga 12 persen. Sementara, mereka yang melakukan olahraga ‘sedang hingga berat’ seperti berjalan kaki atau bersepeda, risikonya berkurang hingga 39 persen.

Studi ini ingin menekankan bahwa aktivitas ringan apa pun bermanfaat bagi kesehatan. “Melakukan sesuatu selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Meskipun itu hanya pekerjaan rumah yang tidak dikategorikan sebagai olahraga,” ujar Michael LaMonte, pemimpin penelitian sekaligus profesor dari University at Buffalo’s School of Public Health.

Hasil penelitian

Studi ini melibatkan lebih dari 6000 wanita berusia 63 hingga 99 tahun. Setiap aktivitas mereka diukur dengan sensor dinamis yang dikenakan. Dalam studi yang dipublikasikan pada Journal of the American Geriatrics Society, diketahui bahwa 55 persen partisipan menghabiskan waktunya untuk melakukan pekerjaan rumah.

Para peneliti mengatakan, aktivitas ‘ringan’ yang mereka lakukan jauh lebih baik dibanding gaya hidup sedentari. “Ini luar biasa. Kebanyakan panduan kesehatan mengatakan bahwa kita harus melakukan aktivitas fisik yang sedang hingga berat untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Kenyataannya, melalui studi ini, aktivitas ringan juga bisa membuat kita sehat,” kata LaMonte.

Meskipun studi ini berfokus pada wanita lanjut usia, namun para peneliti mengatakan, penemuan ini juga memberikan pesan yang kuat untuk para anak muda. Penting untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat dengan rajin melakukan aktivitas fisik selagi muda. Dengan begitu, saat tua, kita hanya tinggal menjaganya.