BAGIKAN

Ada banyak jenis crane/derek yang digunakan dalam konstruksi. Crane adalah mesin yang mampu mengangkat, menurunkan dan memindahkan objek-objek berat dengan penggunaan puli dan kabel. Crane adalah aset berharga bagi industri konstruksi karena membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah untuk semua jenis konstruksi. Saat ini tidak ada kekhawatiran untuk membangun konstruksi di berbagai tempat bahkan di tengah sungai hingga bangunan pencakar langit, crane sangat membantu.

Ada begitu banyak jenis derek untuk beberapa pekerjaan. Jadi, kita bisa memilih tipe crane berdasarkan metode kerja. Di sini, berbagai jenis derek beserta tugasnya dibahas.

Mobil Derek

Crane ini hanya diperlukan dalam waktu konstruksi sebagai struktur sementara. Jadi, crane ini hanya dipasang pada sebuah kendaraan dengan tujuan agar mudah bergerak. Umumnya sebagian besar derek dipasangkan pada truk kecuali beberapa crane yang lebih berat. Roda kendaraan dibuat dengan karet. Jadi, kendaraan beroda ini bergerak lebih cepat dari pada truk tetapi tidak dapat mengakses area yang permukaannya tidak rata. Outrigger disediakan pada basis kendaraan untuk memberikan stabilitas pada derek saat bekerja.

Tower Crane

Tower crane adalah salah satu crane yang banyak digunakan saat ini. Untuk membangun bangunan tinggi, jenis crane ini digunakan. Ukurannya sangat tinggi dan mampu bekerja hingga mencapai 80 meter dan yang terendah mencapai 70 meter. Memiliki kapasitas angkat kira-kira seberat 20 ton. Tetap berada di tanah selama konstruksi. Untuk pengaturan pemasangan, dasar beton yang kuat dibuat dan mengunci crane dengan menggunakan baut berukuran besar. Jadi, setelah konstruksi selesai bisa dilepas dengan mudah.


Derek medan kasar

Derek medan kasar adalah jenis kendaraan khusus yang dipasang derek. Kendaraan biasa yang dipasang derek tidak cocok untuk pekerjaan di luar jalan atau medan berat. Sehingga derek medan kasar dapat digunakan. Pada derek jenis ini, kendaraannya juga memiliki ban karet yang dirancang khusus. Outrigger disediakan di dasar kendaraan untuk memberikan stabilitas pada derek saat bekerja.

Crawler Crane




Derek crawler adalah derek bergerak tapi pergerakan kendaraan dilakukan melalui lintasan. Karena adanya jalur ini, maka tidak memerlukan outrigger untuk stabilitasnya. Kapasitas angkat mereka sangat tinggi (40 ton sampai 3.500 ton). Karena sistem yang telah dilacak bisa berpindah ke lokasi manapun bahkan di tanah yang kurang keras. Derek ini juga mampu berjalan sambil membawa beban, sehingga digunakan untuk transportasi beban berat di lokasi konstruksi.

Crane semua permukaan

Mobil crane namun dapat bergerak dengan kecepatan yang sama di jalan beraspal dan juga di medan berat. Kendaraan ini memiliki lebih banyak roda dibandingkan kendaraan biasa dan menyeimbangkan kendaraan tanpa merusak medan kasar. Jadi kita bisa menggunakan derek ini daripada kedua truk yang terpasang derek dan derek medan kasar untuk tujuan ganda.

Derek Kereta Api




Derek kereta api umumnya digunakan untuk pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan jalur kereta api. Memiliki roda flensa di bagian bawahnya yang hanya bisa dipindah di jalur rel.

Telescopic Handler Crane 

 

Crane teleskopik digunakan untuk menangani palet batu bata, untuk memasang rangka baja di bagian atas dan lain-lain, memiliki sejenis bagian dari forklift pada ujung bomnya. Juga memiliki outscger pada alasnya. Bagian crane ini bisa diputar sampai 360 derajat

Crane Pelabuhan

Crane Pelabuhan disediakan di area pelabuhan untuk bongkar muat kapal.

Crane Terapung

Crane terapung dibutuhkan untuk konstruksi jembatan atau konstruksi pelabuhan. Mereka juga digunakan untuk memuat dan menurunkan muatan kapal. Mereka memiliki kapasitas besar hingga 9000 ton. Jadi ini juga bisa digunakan untuk mengangkat kapal yang tenggelam di air.

Crane Udara

 

Disebut juga sebagai sky crane. Ia serupa helikopter dan digunakan saat targetnya sulit dijangkau di darat. Jadi kabel membantu untuk menggantungkan bebannya.

Crane Teleskopik

 




Derek teleskopik memiliki bom besar dimana sejumlah tabung dipasang di bagian yang lain. Tabung ini dapat meluas keluar dengan mekanisme hidrolik. Ini umumnya digunakan untuk membangun menara sinyal, operasi penyelamatan, mengangkat kapal dari air dll.

Level Luffing Cranes

 

Level luffing crane memiliki penopang berengsel yang akan bergerak naik turun, dan gerakan naik turun ini meningkatkan lengan crane untuk bergerak ke dalam dan ke luar. Ini digunakan di galangan kapal untuk menempatkan kontainer atau untuk menurunkan muatan kapal.