BAGIKAN

Bertekad untuk mempercantik kota dengan mengubah panel surya menjadi karya seni publik yang kreatif, Land Art Generator Initiative yang berbasis di Seattle baru saja meluncurkan instalasi solar mural pertama di dunia, yang dinamai La Monarca, oleh seniman San Antonio Cruz Ortiz dengan arahan kreatif dari seniman Penelope Boyer.

La Mariposa mural surya – yang baru-baru ini diresmikan di San Antonio Arts Festival, Luminaria – diciptakan melalui teknologi PV Film canggih yang memungkinkan cahaya dengan mudah melewati film cetak yang menempel pada panel. Mural yang indah hanyalah langkah awal dalam rencana Land Art Generator untuk menggabungkan infrastruktur energi berkelanjutan dengan seni publik. Bekerja sama dengan seniman lokal, arsitek, arsitek lansekap, insinyur dan ilmuwan, organisasi tersebut berharap dapat menyediakan platform kolaborasi yang memungkinkan kota-kota memasang karya seni yang cerdas pada generasi energi bersih mereka.

Menurut artis tersebut, La Monarca terinspirasi oleh status San Antonio sebagai National Champion of the National Wildlife Federation pertama. Simbol yang pas untuk dipasang pada instalasi energi bersih, kupu-kupu raja mewakili ancaman bahwa satwa liar menghadapi akibat pemanasan global dan perubahan iklim.

Setelah festival tersebut, mural seni surya akan dipindahkan ke rumah permanennya di dalam taman penyerbukan di kampus EPICenter di San Antonio, tempat ia akan digunakan untuk menghasilkan energi matahari langsung ke bangunan tersebut.