Beranda Lifestyle Penyebab Sering Meragukan Keputusan Sendiri

Penyebab Sering Meragukan Keputusan Sendiri

100
BAGIKAN
unsplash.com

Kamu tentu sudah memahami kalau mengambil suatu keputusan bukanlah hal yang mudah. Nggak jarang ada rasa ragu ketika kamu sudah memutuskan dan itu berlangsung cukup lama. Ternyata, inilah faktor-faktor penyebab kamu selalu merasa ragu untuk menjalankan keputusan yang telah kamu ambil.

1. Meragukan diri sendiri

unsplash.com

 

Setelah keputusan diambil kamu berpikir bisa ataunggak. Ini terjadi karena sebelumnya kamu telah memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba tantangan baru.. Sedang seperti ini, berarti kamu meremehkan kemampuan yang ada di dalam diri. Hentikan hal yang seperti ini karena secaranggak langsung kamu menurunkan harga dirimu sendiri. Dalam mengambil keputusan jangan terburu-buru, sehingga bisa lebih obyektif. Kamu harus bisa menjadi penyemangat untuk diri sendiri lho.

2. Berekspektasi buruk

unsplash.com

 

Rasa khawatir dan gelisah tentu saja dapat menimbulkan pikiran yang negatif, dampaknya kamu langsung pesimis. Ini karena kamu terlalu banyak berpikir dan mengira-ngira. Secaranggak langsung kamu mengharapkan hal buruk datang kepadamu. Ini sama saja kamu menunggu kegagalan. Buang dengan segera pemikiran yang seperti itu. Berikan dirimu kesempatan untuk membuktikan bahwa mampu dan bisa. Jangan biarkan dirimu untuk takut dengan keputusan yang telah dibuat, karena bisa membuat dirimu nggak siap dengan masa depan. Biarkan diri untuk menghadapi tantangan yang ada.

3. Terikat dengan masa lalu

unsplash.com

Bayang-bayang kesalahan dan kejadian di masa lalu selalu melekat. Tapi, posisinya kamu telah mengambil keputusan. Ada baiknya kamu tetap teguh pada pendirian yang telah kamu tentukan sendiri. Kamu nggak akan bisa kembali ke masa lalu. Pahamilah bahwa hidup terus berubah, begitu juga dengan dirimu sendiri. Jika ada masalah dalam karier, maka solusinya adalah temukan solusi dan ambil langkah selanjutnya. jika terjadi hubungan yang kurang baik dengan orang terdekat, teman kerja, hingga kolega, kamu bisa berkomunikasi dan memperbaikinya. Hindari untuk bertoleransi pada masa lalu terlalu besar.

4. Suka membandingkan

unsplash.com

 

Hal yang paling menjengkelkan dan membuat diri sendiri nggak maju adalah membandingkan. Bisa jadi kamu meragukan keputusan karena bertemu dengan teman yang ceritanya sudah menikmati kesuksesan. Seperti merasa salah langkah kemudian ragu. Dalam pikiran pasti langsung berkata seharusnya ini dan itu agar bisa hidup enak seperti dia. Sejujurnya, tindakan ini bisa membuat kamu lebih terlihat menyedihkan. Kamu harus ingat bahwa kamu adalah kamu yang punya impian sukses dan bahagia yang berbeda. Yakin dan percaya pada diri sendiri itu kuncinya.

5. Kurang bisa menerima

unsplash.com

 

Melakukan suatu perubahan dalam hidup memang nggak sesuai ekspektasi. Kamu pun merasa harus membenci diri sendiri karena keadaan. Walaupun nggak sesuai dengan rencana atau menghadapi situasi yang nggak mudah mengenai keputusan yang telah kamu buat usahakan untuk tetap bisa menerimanya. Kamu nggak boleh bersikap egois dan emosional. Terimalah segala emosi yang hadir karena itu respon alamiah yang biasa terjadi. Tapi, kamu juga harus berpikir bijak untuk mengambil langkah selanjutnya.

Menjalankan keputusan memang penuh pergolakan. Kamu nggak akan tahu seperti apa hasilnya kalau berhenti di tengah jalan. Intinya, terima dan jalani saja.