BAGIKAN

Arsitek Italia Stefano Boeri membawa model vertikal hutannya ke proyek perumahan sosial di Eindhoven, untuk menunjukkan bagaimana rumah hijau dapat disediakan dengan harga terjangkau.

Trudo Vertical Forest adalah sebuah proposal untuk sebuah bangunan berlantai 19 yang memiliki balkon mirip pohon yang sama dengan menara Bosco Verticale yang terkenal di Milan, yang disempurnakan oleh Stefano Boeri Architetti pada tahun 2014, dan beberapa desain terbaru dari studio lainnya.

Tapi ini menandai pertama kalinya arsitek mengusulkan menggunakan menara berisi dedaunan untuk perumahan sosial.

Proyek ini bertujuan untuk menyediakan 125 rumah, yang akan disewakan dengan harga terjangkau dan tersedia bagi kelompok berpenghasilan rendah di kota Belanda. Apartemen ringkas satu kamar tidur ini diharapkan sesuai dengan penghuni tunggal dan pasangan muda.

Trudo Vertical Forest in Eindhoven by Stefano Boeri Architetti

Bangunan ini juga akan menggunakan prefabrikasi dan “rasionalisasi solusi teknis untuk fasad”, untuk memastikannya dapat disampaikan sesuai anggaran yang sesuai.

“Gedung bertingkat tinggi Eindhoven menegaskan bahwa adalah mungkin untuk menggabungkan tantangan besar perubahan iklim dengan kekurangan perumahan,” kata Stefano Boeri.

“Kehutanan kota tidak hanya diperlukan untuk memperbaiki lingkungan kota-kota di dunia, tetapi juga kesempatan untuk memperbaiki kondisi kehidupan penghuni kota yang kurang beruntung.”

Bangunan setinggi 75 meter ini akan memiliki 70 jenis pohon dan tanaman yang berbeda yang dipasang di balkonnya.

Setiap apartemen akan berisi 50 meter persegi luas lantai, serta teras seluas empat meter persegi yang ditanami satu pohon, ditambah 20 tanaman dan semak belukar. Secara total, fasad akan memudahkan 125 pohon dan 5.200 tanaman tambahan.

Studio Laura Gatti, yang dikelola oleh ahli agronomi Laura Gatti, akan berkolaborasi dengan perusahaan lanskap Du Pré Groenprojecten dan pembibitan tumbuhan Van den Berk untuk memasang ekosistem baru. Klien, asosiasi perumahan Eindhoven Saint Trudo, akan bertanggung jawab untuk menjaga kehidupan pabrik menara.

“Hutan Vertikal Trudo menetapkan standar hidup baru,” kata Francesca Cesa Bianchi, direktur proyek Stefano Boeri Architetti.

Stefano Boeri Architetti telah mengusulkan sejumlah menara yang ditutupi tanaman sejak selesainya Bosco Verticale, di kota Belanda Utrecht, kota Swiss Lausanne dan kota China Nanjing. Selain itu telah diluncurkan pula sebuah visi untuk kota hutan vertikal di China dan koloni di Mars.

Tujuan model vertikal-hutan memungkinkan manusia dan alam untuk hidup berdampingan dalam lanskap perkotaan. Visi biophilic dimaksudkan untuk memperbaiki kehidupan penduduk kota, sekaligus memerangi polusi dan perubahan iklim, dengan melawan dampak deforestasi dan memperbaiki kualitas udara perkotaan.

Menurut studio, dedaunan memurnikan udara di sekitarnya, menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen sebagai bagian dari siklus respirasi alami.

Proyek Trudo diharapkan menyerap 50 ton karbon dioksida setiap tahunnya. Kelimpahan tanaman hijau juga akan membantu meredam kebisingan kota.

VIAAni
SUMBERdezeen
BAGIKAN