BAGIKAN

Seiring meningkatnya kebutuhan pasokan energi yang berlandaskan keberlanjutan, penggunaan panel surya sebagai salah satu alternatif teknologi semakin cepat berkembang. Namun bagaimana menggabungkan antara penggunaan panel surya sebagai pemasok energi ke dalam estetika bangunan, perusahaan asal Dubai, Emirates Insolaire memiliki jawabannya.

Perusahaan ini memproduksi dan mendistribusikan kaca berwarna dan modul PV berwarna menggunakan teknologi KromatixTM. Teknologi ini memungkinkan solusi surya untuk diintegrasikan sepenuhnya ke dalam desain arsitektur semua jenis bangunan untuk pertama kalinya di seluruh dunia dan membuka dunia baru peluang dalam hal desain estetika bangunan disamping penghematan energi yang disempurnakan.

Produk yang sebenarnya sempat diluncurkan pada tahun 2015 di Pameran Air, Energi, Teknologi, dan Lingkungan (WETEX 2015) kini telah menemukan jalannya. Rafic Hanbali, Managing Partner Emirates Insolaire, mengatakan kepada Electrek : “Ada permintaan yang semakin menguat untuk membangun kaca surya fotovoltaik terpadu, yang merupakan salah satu spesialisasi Emirates Insolaire. Sebenarnya ini adalah bahan bangunan yang jauh lebih indah dari yang biasa, mudah dan langsung dapat dipasangkan, menghasilkan energi bukan sekedar menyerap panas, dan memiliki rentang biaya yang sebanding dengan menghasilkan tingkat pengembalian investasi yang sangat cepat.”

AKS DOMA , Austria
Modul PV ukuran standar
Kantor Kohlesilo Basel, Swiss

Perusahaan tidak menggunakan pigmen untuk mewarnai kaca surya mereka, melainkan “deposisi multilayer skala nano yang kompleks melalui proses plasma,” dan mengatakan warnanya akan tetap stabil seiring berjalannya waktu. Menurut situs Emirates Insolaire, “Penampilan berwarna berasal dari pantulan pita spektral sempit di bagian spektrum matahari yang terlihat. Sisa radiasi matahari ditransmisikan ke panel surya untuk diubah menjadi energi.”

Proses interferensi ringan menggunakan filter halus pada kaca, dapat menentukan panjang gelombang cahaya yang dilihat sebagai warna. Sinar yang tidak dipantulkan diserap dan berubah menjadi energi yang bisa digunakan.

Baca juga : Sekolah Di Denmark Ini Diselimuti Lebih Dari 12.000 Panel Surya Hijau Laut

Ketebalan kaca surya adalah antara 3,2 dan delapan milimeter. SwissINSO mengatakan bahwa panel surya berwarna Kromatix dapat diintegrasikan pada fasad dan atap dari semua jenis bangunan, mulai dari rumah-rumah pribadi sampai bangunan bertingkat tinggi.

Copenhagen International School berlaga dengan 12.000 panel surya
Foto udara Copenhagen International School yang memantulkan laut disekitarnya

sumber : elektrek inhabitat