Beranda Lifestyle Ketidakpastian Masa Depan Selalu Membuat Kita Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Ketidakpastian Masa Depan Selalu Membuat Kita Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

514
BAGIKAN
Takut masa depan | Yourpresenceheals

“Apakah saya akan segera bekerja?”, “Bisakah saya naik gaji bulan depan?”, “Bagaimana jika gagal ketika mencoba bisnis ini?”, “Bagaimana kalau saya …” Benar, menghadapi ketidakpastikan akan selalu membuat kita cemas dan gelisah. Kenyataannya kehidupan ini memang tidak pernah menjanjikan kepastian. Lalu apakah kita harus terus khawatir akan hal ini? Tentu tidak. Kita mungkin tidak bisa mengendalikan segala situasi dalam hidup kita, namun kita bisa mengendalikan respons kita untuk menghadapinya.

Dilansir dari Huffingtonpost.com, berikut lima cara menghadapi ketidakpastian. Harapannya kekhawatiran kita dapat terusir melalui cara ini:

1. Lepaskanlah kekhawatiran itu

Langkah pertama untuk menghadapi ketidakpastian adalah menerima kenyataan bahwa kita tidak dapat mengontrol segalanya. Dengan begitu kita menyadari bahwa tidak ada gunanya untuk mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi.

2. Pikirkan kemungkinan yang terbaik

Kita sering gagal mengatasi ketidakpastian karena selalu memikirkan kemungkinan terburuk terlebih dahulu. Sebaiknya pikirkan kemungkinan yang paling positif untuk hal-hal yang akan kita hadapi di masa mendatang.

3. Refleksikan diri

Terkadang, saking dikuasai oleh kekhawatiran kita menjadi bias saat memandang ke masa depan. Karena itu, belajarlah untuk mengevaluasi diri, jangan-jangan rasa khawatir sudah terlalu membelenggu pikiran dan jiwa kita.

4. Jangan menghindar, hadapilah terus!

Ketidakpastian jika dihadapi dengan bijaksana sebetulnya bermanfaat bagi kita. Namun jika merasa tidak pasti itu merongrong pikiran kita, tentu berbahaya. Apalagi jika kekhawatiran itu membuat kita berhenti untuk melangkah. Intinya, ketika kita merasa khawatir karena hidup terlihat tidak pasti, jangan sampai berhenti melangkah. Lawan dan hadapi!

5. Apapun yang akan terjadi, pastikan kita sudah lakukan yang terbaik!

Masa depan memang tidak pernah pasti, namun pastikan kita sudah melakukan yang terbaik untuk memperjuangkan masa depan itu. Soal hasil, itu urusan terakhir.