BAGIKAN

Directa Plus plc (AIM: DCTA), produsen dan pemasok produk berbasis graphene untuk digunakan di pasar konsumen dan industri, dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Iterchimica S.r.l., produsen dan distributor aditif khusus untuk aspal. Kolaborasi dengan Iterchimica difokuskan pada pengembangan aditif aspal yang diperkuat graphene, yang merupakan patent-pending, yang dapat meningkatkan daya tahan dan kesinambungan permukaan jalan aspal secara signifikan. Aditif baru yang menggabungkan Graphene Plus (G +) milik Perusahaan telah diluncurkan oleh Iterchimica sebagai Eco Pave.

Menyusul keberhasilan uji coba laboratorium dan skala kecil, Iterchimica sekarang akan melakukan uji coba dengan produsen aspal dimana Eco Pave akan digunakan sebagai aditif untuk aspal yang mencakup beberapa kilometer permukaan jalan. Perusahaan mengantisipasi menerima pesanan awal untuk G + sebelum akhir tahun untuk uji coba.

Kehadiran G + menghasilkan aditif berkelanjutan secara teknis, yang secara signifikan meningkatkan kinerja aspal yang digunakan untuk permukaan jalan. Secara khusus, karena sifat peraturan termal G +, aspal menjadi kurang rentan terhadap pengerasan, dan perengkahan pada suhu dingin serta pelunakan pada suhu hangat.

Ini meningkatkan elastisitas dan kekuatan untuk mengurangi keausan, terutama dengan beban tinggi, yang sangat bermanfaat untuk keperluan perawatan seperti memperbaiki lubang. Selain itu, permukaan jalan yang dibangun dengan aspal mengandung Eco Pave akan dapat didaur ulang hingga 100% dari aspal giling yang berulang kali digunakan kembali untuk membangun perkerasan baru, yang menghindari penimbunan bahan habis pakai serta ekstraksi aspal baru.

Berdasarkan penelitian mereka, Iterchimica memperkirakan bahwa penambahan Eco Pave akan memperpanjang umur permukaan jalan aspal dari rata-rata saat ini 6-7 tahun sampai 12-14 tahun. Berkat proses litbang gabungan yang dilakukan oleh Directa Plus dan Iterchimica, para pihak telah mampu menghasilkan Eco Pave dengan harga jual yang layak secara komersial. Akibatnya, aspal yang mengandung Eco Pave secara signifikan akan mengurangi biaya perawatan bagi pemerintah daerah.

“Kami semakin menyadari bahwa sebagian besar nilai produk berasal dari dimensi intangible – di mana penelitian, reputasi dan makna dari apa yang ingin kita capai memainkan peran kunci,” kata Giulio Cesareo, Chief Executive Officer Directa Plus. “Aspal yang disempurnakan dengan Graphene Plus adalah pengembangan lain dalam hal keberlanjutan, yang merupakan nilai yang kami yakini sejak awal dari Directa Plus. Pendekatan kami terhadap keberlanjutan mencakup proses produksi yang berkesinambungan, produk berkelanjutan, dan aplikasi untuk keberlanjutan seperti menggunakan Grafysorber┬« untuk mendekontaminasi air dan sekarang aplikasi ini yang memperpanjang umur aspal.”

Perusahaan mengatakan Eco Pave telah membuktikan dirinya dalam pengujian laboratorium dan uji coba skala kecil, dan sekarang akan diuji di beberapa kilometer aspal sebagai bagian dari uji coba yang akan dilakukan dengan produsen aspal. Mereka juga mengklaim bahwa Eco Pave dapat dijual dengan harga yang layak secara komersial, terutama bila mempertimbangkan potensi perpanjangan hidup dari aditif.


sumber : directaplus newatlas