BAGIKAN

Perusahaan arsitektur Oiio telah mengusulkan bentuk transportasi baru yang radikal untuk Los Angeles, yang akan melihat kabin seperti gelembung yang dilewati di atas dasar roda yang bisa mengikuti jalan dan memanjat bangunan.

Konsep Oto diciptakan untuk Perancang Automobility / Tantangan Pengembang 2017 di LA Auto Show tahun ini, yang meminta peserta membayangkan metode transportasi masa depan untuk kota yang terkenal macet.

Oto by Oiio Architecture Studio

Oiio mengidentifikasi bahwa kendaraan pribadi meliputi mesin, kabin dan bagasi, dan bahwa unsur-unsur ini tidak dapat digunakan secara terpisah.

“Kerugian terbesar dari mobil milik pribadi adalah kenyataan bahwa ia menggunakan terlalu banyak sumber daya untuk efek yang terlalu sedikit,” kata studio yang berbasis di New York. “Ketika satu atau dua orang diangkut dengan mobil mereka berhasil memanfaatkan mesin dan dua kursi, namun jok yang tersisa dan juga bagasi, merupakan sumber daya terbuang untuk periode transportasi yang spesifik.” 

Oto by Oiio Architecture Studio

Sebagai gantinya, mereka menyarankan agar mobil bisa dipecah menjadi tiga komponen terpisah, dan orang bisa saja memiliki kabin.

Kabin transparan ini akan dipasang ke landasan beroda yang bertenaga hanya jika diperlukan, untuk mengarahkan pengguna ke tempat tujuan yang diinginkan. Basis dan kabin bisa saling dipertukarkan.

Oto by Oiio Architecture Studio

“Mungkin saja, di masa depan, orang LA hanya bisa memiliki kabin dan, melalui sirkulasi terpusat AI, mereka bisa menciptakan unit perakitan sementara, sebuah desain singkat, yang akan memenuhi kebutuhan ‘tepat’ permintaan mereka,” kata Oiio.

Serta transportasi horisontal, kabin juga bisa menempel pada sistem lintasan di sampingnya, mengangkatnya ke wajah bangunan.

Oiio percaya bahwa menggabungkan mobilitas dan arsitektur otomatis akan menghasilkan efisiensi dan sedikit limbah – baik dari segi ruang dan sumber daya – untuk kota.

Oto by Oiio Architecture Studio

“Los Angeles kemudian dapat mengundang orang-orang dan pengunjung ke jalanan yang terbebas dari arus kendaraan yang lama dan siap mengakomodasi kebutuhan ‘pasti’ mereka, tidak lebih, tidak kurang,” kata studio tersebut.

Gagasan tentang kepemilikan mobil telah berubah secara dramatis sejak munculnya aplikasi berbagi-perjalanan seperti Uber dan Lyft, namun usulan Oiio membuat lompatan ini semakin jauh. Uber juga memiliki rencana besar untuk masa depan, termasuk sebuah kemitraan yang baru saja diumumkan dengan NASA yang dapat melihat taksi listrik terbang di LA dari tahun 2020.

Oto by Oiio Architecture Studio

Oto adalah satu dari lima finalis dalam kompetisi tersebut, dan dipresentasikan pada acara di Los Angeles Convention Center, yang berlangsung dari 30 November hingga 9 Desember 2017.

Di antara visi fantastis Oiio lainnya adalah gedung pencakar langit konseptual untuk Manhattan yang melompati jarak jauh daripada tinggi badan, dan sebuah rencana untuk memperluas Museum Guggenheim Frank Lloyd Wright yang terkenal dengan memperluas bentuk spiralnya ke langit.

VIAAni
SUMBERdezeen
BAGIKAN