BAGIKAN

Apakah Anda tengah berencana untuk merenovasi dapur dalam waktu dekat? Dapur adalah salah satu ruangan penting dalam rumah. Beberapa orang mendandani dapurnya supaya lebih betah memasak di dapur, namun adapula yang melakukannya demi meningkatkan harga jual rumahnya.

Apapun alasannya, renovasi dapur biasanya bisa menghabiskan bujet yang cukup besar. Jadi Anda harus lebih berhati-hati dalam membuat anggaran dan berbelanja pernak-perniknya. Jangan sampai biaya yang sudah dikeluarkan tidak sebanding dengan hasilnya.

Untuk antisipasi, hindari empat kesalahan renovasi dapur yang sering dilakukan seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Didesain terlalu trendi

Warna hijau permata menjadi salah satu pilihan warna populer di tahun ini, namun tidak untuk beberapa tahun ke depan. Kenyataannya, tren desain interior akan berganti dengan cepat, dan ketika berlalu, maka akan terlupakan begitu saja.

Bahkan apabila warna hijau permata adalah warna favorit, sepertinya Anda tetap harus berpikir beberapa kali untuk memilih warna tersebut sebagai warna dominan. Pasalnya, jika rumah Anda ingin dijual, pilihan warna dan desain netral lebih pasti dapat mendongkrak harga jual.

Sebaiknya pilih perabot dan aksesoris bertema timeless dan klasik untuk dapur Anda supaya bisa menarik calon pembeli dari beragam generasi.

2. Mengabaikan sistem ventilasi

Pernahkah Anda masuk ke sebuah rumah yang memiliki aroma asap masakan? Jika pernah, maka Anda paham pentingnya sistem ventilasi yang baik. Perputaran udara yang terjebak di dapur akan menyebar ke seluruh rumah dan menimbulkan bau tidak sedap.

Dengan memasang jendela, ventilasi, atau void di dapur maka asap dan aroma masakan bisa keluar rumah dengan lancar.

3. Lupa memilih peralatan masak yang berkualitas

Beberapa orang kerap kali membeli peralatan masak justru pada tahap akhir renovasi, yang bisa saja tertunda karena bujet yang sudah menipis. Padahal, peralatan masak seperti kompor, panci, wajan, blender, oven dan lain sebagainya adalah benda paling penting di dapur Anda.

Tidak hanya membuat proses memasak lebih menyenangkan, hal ini juga membuat dapur terlihat lebih mengesankan. Jadi, kalau peralatan masak sudah ada yang rusak dan perlu diganti, dahulukan membeli item tersebut.

4. Memilih bahan material

Ketika ingin membeli bahan material atau aksesoris renovasi dapur, hindari godaan memilih material dengan harga termurah atau yang mengkilap. Selayaknya Anda memilih material yang tahan lama dan kuat.

Hindari memilih material plastik yang tipis dan cepat rusak atau lemari kabinet dengan permukaan mengkilap. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang jenis material, serahkan tugas ini ke kontraktor atau tukang yang berpengalaman.

SUMBERliputan6
BAGIKAN