Beranda Khalayak SMA BBS Kota Bogor Manfaatkan Lahan Tidur Dijadikan Praktek Berwira Usaha

SMA BBS Kota Bogor Manfaatkan Lahan Tidur Dijadikan Praktek Berwira Usaha

82
BAGIKAN
Masius Suliarso. Guru BK. SMA BBS Kota Bogor

Untuk mengatasi tantangan hidup, pihak sekolah terus berupaya melalui inovasi memanfaatkan lahan tidur milik sekolah seluas tiga Hektar milik SMA plus BBS Kota Bogor, sehingga sebagian lahan kosong ada ratusan meter terdapat lahan tidur tanah yang kosong menjadi obyek untuk pembelajaran bagi siswa untuk berwira usaha ungkap Marius Suliarso, sebagai Guru BK yang mewakili Bapak Tito yang menjadi Ketua penanggung jawab.

Masih penuturan Marius Suliarso, kami terus berupaya untuk menjadikan peserta didik yang kreatif, salah satunya pembelajaran bagi siswa memanfaatkan lahan tersebut untuk belajar berwira usaha, dengan menanam sayuran seperti kangkung, pokcay, termasuk buah jambu kristal,dan masih banyak yang lainnya. Hal tersebut, tentunya melalui kerjasama yang baik antara pihak guru dan siswa SMA BBS Kota Bogor.

Bahkan sudah dinobatkan sebagai sang juara, untuk membudidayakan warung sayur sekolah. Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dikalangan para siswa yang selalu meluangkan waktu di luar jam pelajaran, dalam hal ini, kami telah didukung oleh orang tua siswa untuk memberikan contoh praktek cara penanaman pohon dan sayuran sebagai tenaga ahli dalam bidang pertanian.

Salah satu kegembiraan kami adalah, pada saat panen raya kangkung, yang dijual pada saat pembagian Raport, dan ini merupakan kepedulian dari orang tua siswa, menjadi konsumen hasil dari panen raya buah dan sayuran, hasil karya siswa siswi SMA BBS. Sungguh luar biasa, kangkung tersebut dengan waktu yang singkat, kangkung tersebut sudah habis terjual.

Hasil panen tersebut diantaranya, kangkung, pokcay, dan buah jambu, adapun rencana kami kedepan sebagai wacana akan menanam pohon cabe, karena cabe memiliki harga yang pantstis,  selain tanaman  sayuran dan buah – buahan, kami sedang mengupayakan limbah plastik, yang nantinya akan disulap menjadi bahan bakar, prosesnya  melalui mesin yang sedang di agendakan, untuk di miliki pihak sekolah SMA BBS Kota Bogor.

Untuk saat ini, kami sedang mengumpulkan anggaran untuk membeli mesin tersebut sekitar Rp. 7.000.000 kata Marius suliarso yang identik dengan penampilan khusus berkacamata, sebagai guru BK, bahkan semua lahan tidur akan di manfaatkan untuk dijadikan sumber ekonomi bagi keluarga besar SMA BBS.