BAGIKAN

Elemen Bangunan: Kolom. Kolom berfungsi untuk memikul beban diatasnya, momen yang timbul akibat konstruksi yang ada, berat sendiri dan juga mengikat dinding bangunan agar tidak mudah goyah akibat beban muka.

Kolom terdiri dari 2 macam struktur yang memikul seluruh konstruksi yang ada sehingga kuat menahannya (beban vertikal dan horizontal) tanpa ada perubahan bentuk (melengkung bengkok, miring, membengkak). Beban yang dipikul dapat diteruskan secara langsung tanpa terputus ke pondasi dibawahnya. Besar kolom dihitung.

Kolom yang lain adalah kolom non struktur yang sering disebut kolom praktis (tidak dihitung besarnya). Kolom praktis ini berfungsi memperkuat dan memperkaku dinding tembok sehigga kuat menahan semua beban yang diterimanya.

Kolom praktis paling banyak dipasang pada sudut-sudut ruangan (pertemuan antara pasangan dinding batu merah) dan pada tengah dinding tembok apabila dinding dibuat panjang (kolom dapat dipasang ±3 m apabila dinding panjang, kolom praktis dibuat setebal ukuran dinding 0,15 x0,15)

SUMBERbelajarilmubangunan
BAGIKAN