BAGIKAN
[Marton Szabo]

Fosil berusia 180 juta tahun telah menjelaskan bagaimana beberapa buaya purba berevolusi menjadi hewan mirip lumba-lumba.

Spesimen – yang menampilkan sebagian besar tulang punggung – mewakili mata rantai yang hilang di silsilah keluarga, dan merupakan salah satu pemangsa pesisir terbesar dari Zaman Jurassic, kata para peneliti.

Spesies yang baru ditemukan itu hampir lima meter panjangnya dan memiliki gigi besar dan runcing untuk menangkap mangsa. Hewan ini juga berbagi fitur tubuh utama yang terlihat pada dua keluarga berbeda dari buaya prasejarah, kata tim.

Beberapa buaya era Jurassic memiliki lapisan pelindung di punggung dan perut mereka, dan kaki yang diadaptasi untuk berjalan di darat. Kelompok lain memiliki sirip ekor dan sirip lengan, tetapi tidak memiliki lapisan pelindung.

Spesies yang baru itu memiliki lapisan pelindung yang sangat kuat tetapi juga memiliki sirip ekor, menunjukkan bahwa hewan tersebut adalah mata rantai yang hilang antara kedua kelompok, kata para peneliti.

Spesies ini telah diberi nama Magyarosuchus fitosi untuk menghormati kolektor amatir yang menemukannya, Attila Fitos.

Fragmen tulang panggul [Credit: Attila Osi]

Fosil – yang ditemukan di pegunungan di Hongaria barat laut pada tahun 1996 dan disimpan di sebuah museum di Budapest – dianalisa oleh tim ahli paleontologi, termasuk seorang peneliti dari Universitas Edinburgh.

Diidentifikasi sebagai spesies baru berdasarkan penemuan vertebra yang tampak aneh yang membentuk bagian dari sirip ekornya.

Dr Mark Young, dari Fakultas GeoSciences Universitas Edinburgh, yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan: “Fosil ini memberikan wawasan unik tentang bagaimana buaya mulai berevolusi menjadi bentuk lumba-lumba dan pembunuh seperti paus lebih dari 180 juta tahun yang lalu. Kehadiran kedua lapisan pelindung tulang dan ekor sirip menyoroti keragaman luar biasa buaya era Jurassic. ”

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ , juga melibatkan peneliti dari Hungaria dan Jerman.  didukung oleh Leverhulme Trust dan proyek SYNTHESYS, bagian dari Program Kerangka Ketujuh Komisi Eropa.

VIAaum
SUMBERUniversity of Edinburgh
BAGIKAN