Beranda Khalayak Jakarta Masuk 10 Besar Kota Terburuk untuk Perempuan

Jakarta Masuk 10 Besar Kota Terburuk untuk Perempuan

128
BAGIKAN
Pixabay.com

Ibu kota Indonesia menempati peringkat sembilan dalam ranking kota besar yang paling buruk untuk perempuan. Itu adalah hasil survei dari Thomas Reuters Foundation yang dilakukan di 19 kota besar dunia berdasarkan daftar PBB.

Jakarta adalah kota terburuk untuk perempuan dari segi budaya.

polling-bbd3f795b175698d3dc4573cb8af67ab.jpg
Thomas Reuters Foundation

 

Di masing-masing kota, Thomas Reuters Foundation menghubungi 20 pakar yang fokus pada isu-isu perempuan. Di antara pakar-pakar tersebut adalah para akademisi, pekerja lembaga swadaya masyarakat (LSM),staf pelayanan kesehatan, pembuat kebijakan dan komentator sosial.

Ada empat aspek yang dinilai oleh Thomas Reuters Foundation untuk menentukan peringkat kota terburuk hingga terbaik. Pertama, tingkat kekerasan seksual, termasuk kerentanan terhadap pemerkosaan dan pelecehan seksual.

Kedua, akses terhadap layanan kesehatan di mana perempuan punya kontrol atas kesehatan reproduksinya dan tingkat mortalitas ibu. Ketiga, praktik-praktik budaya yang mengancam hak perempuan.

jakarta-62a23ab34a33d200f34b68e6a0fae87f.jpg
Facebook Jakarta Smart City

 

Contohnya, apakah ada sunat perempuan atau pernikahan dini. Keempat, kesempatan ekonomi untuk perempuan, termasuk akses ke pendidikan dan layanan finansial, serta kepemilikan properti. Dari keempat aspek itu, Jakarta adalah kota terburuk keempat dari segi budaya.

Secara berurutan, kota terburuk pertama adalah Kairo (Mesir),Karachi (Pakistan),dan Dhaka (Bangladesh). Jakarta juga dinilai menjadi kota terburuk bagi perempuan dari segi tingkat kekerasan seksual di mana ibu kota menempati peringkat ke tujuh.

London dinobatkan jadi kota terbaik untuk perempuan dari dua aspek.

aron-van-de-pol-218042-1508241063-22496-b8dbe3e23d9379db6cc637742092af1c.jpg
Aron van de Pol via Unsplash

 

Untuk urusan akses terhadap layanan kesehatan untuk perempuan, London merupakan kota terbaik. Paris dan Tokyo menyusul di belakangnya. London juga dinilai terbaik untuk urusan kesempatan ekonomi. Shanghai dan Manila adalah dua kota berikutnya yang juga mendapat peringkat tinggi di kategori ini.

Sedangkan untuk perihal tingkat keamanan dari pelecehan seksual, Tokyo menempati peringkat pertama, disusul oleh Moskow dan Shanghai. Dari segi praktik budaya, Moskow , Buenos Aires dan Sao Paulo secara berurutan adalah kota yang paling bersahabat untuk perempuan.