BAGIKAN

Jembatan kaca sepanjang 430 meter telah dibangun di ngarai Taman Hutan Nasional Zhangjiajie China.

Dirancang oleh arsitek Haim Dotan, Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge diyakini sebagai jembatan pejalan kaki terpanjang dan tertinggi di dunia.

Panel kaca dipasang di jalan setapaknya, memberi pengunjung pandangan memusingkan dan kesempatan memfoto ngarai yang berada di bawahnya.

Balok baja menopang struktural pelat kaca, dimana oleh Dotan yang berbasis di Tel Aviv  digunakan untuk membuat jembatan seolah “tak terlihat”.

“Jembatan Kaca Zhangjiajie dirancang sedemikian tak terlihat -jembatan putih yang menghilang menuju awan,” kata Dotan.

“Sebagai perancang, jembatan yang berada di taman nasional ini yang luar biasa dan magis, saya percaya pada alam, harmoni, keseimbangan dan keindahan,” tambahnya. “Alam itu indah seperti apa adanya. Seseorang ingin sedikit berdampak padanya.”

Jembatan itu terletak di tepi dua tebing dengan ketinggian 300 meter di atas tanah menggunakan kabel tetap.

Garis pegangan busur bergelombang garis tepi jalan setapak mengkilap, yang menyempit menuju pusat ngarai untuk menciptakan perspektif yang berlebihan.

Jembatan ini mampu menahan beban hingga 800 orang pada satu waktu dan telah digunakan sebagai titik peluncuran lompat bungee tertinggi di dunia, kata arsitek tersebut.

Selain menjadi objek wisata yang sangat populer, jembatan ini juga akan berfungsi sebagai tempat acara pribadi, termasuk sebagai landasan pacu untuk peragaan busana.

“Ini akan menciptakan pengalaman berada di alam murni saat tertahan di udara, antara langit dan bumi, seperti burung dengan sayap terbuka lebar,” kata sang arsitek. “Saya menyebutnya sebagai Bridge of Courageous Hearts.”

Haim Dotan, yang mendirikan praktik Tel Aviv pada tahun 1990, adalah yang terbaru dari serangkaian arsitek dan perancang yang memasukkan kaca ke dalam basis struktur penjembatan.

Akhir-akhir ini, ada rencana untuk beberapa kolam renang berjejer di kaca – satu di London menghubungkan dua menara penghunian dan satu lagi di negara bagian Gujarat di India.

Tiket untuk mengakses jembatan kaca harganya £ 16, sebagai tambahan £ 13,50 untuk mengunjungi Kawasan Scenic Canyon Zhangjiajie, yang terletak di Provinsi Hunan China.