BAGIKAN

Sistem penamaan diberikan pada badai (atau siklon tropis) setidaknya telah dilakukan selama 100 tahun terakhir. Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), orang akan lebih mudah mengingat sebuah ‘nama’ daripada angka dan istilah teknis.

Saat dilansir oleh media, hal ini pada gilirannya akan membangkitkan perhatian pada badai besar sehingga meningkatkan kesiapan orang menghadapi sebuah bencana.

Bagaimana nama topan dipilih?

Awalnya, badai diberi nama secara acak.  Badai Atlantik yang merobek tiang dari kapal bernama Antje dikenal sebagai badai Antje. Kemudian, pada pertengahan 1900-an, orang mulai menggunakan nama perempuan untuk sebuah badai yang melanda.

Hingga akhirnya, ahli meteorologi memutuskan untuk mengenalkan sistem yang lebih teratur dan efisien, menggunakan pergantian nama dari daftar yang telah disusun berdasarkan abjad.

Badai pertama yang terjadi dalam setahun akan diberi nama yang dimulai dengan huruf A, dan seterusnya. Sebelum akhir 1900-an, prediksi nama menggunakan nama-nama pria untuk badai yang terbentuk di belahan bumi bagian selatan.

Sejak tahun 1953, badai di Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Atlantik Utara dinamai dari daftar yang disusun oleh National Hurricane Center. Hingga sekarang sistem penamaan  diatur dan diperbaharui oleh komite internasional WMO.

Daftar aslinya hanya menampilkan nama – nama wanita dan pada tahun 1979, nama laki-laki diperkenalkan – dan sekarang mereka bergantian setiap tahun. Enam daftar digunakan secara bergiliran, sehingga daftar 2016 akan digunakan lagi pada tahun 2022.

Badai Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Atlantik Utara

201620172018201920202021
AlexArleneAlbertoAndreaArthurAna
BonnieBretBerylBarryBerthaBill
ColinCindyChrisChantalCristobalClaudette
DanielleDonDebbyDorianDollyDanny
EarlEmilyErnestoErinEdouardElsa
FionaFranklinFlorenceFernandFayFred
GastonGertGordonGabrielleGonzaloGrace
HermineHarveyHeleneHumbertoHannaHenri
IanIrmaIsaacImeldaIsaiasIda
JuliaJoseJoyceJerryJosephineJulian
KarlKatiaKirkKarenKyleKate
LisaLeeLeslieLorenzoLauraLarry
MatthewMariaMichaelMelissaMarcoMindy
NicoleNateNadineNestorNanaNicholas
OttoOpheliaOscarOlgaOmarOdette
PaulaPhilippePattyPabloPaulettePeter
RichardRinaRafaelRebekahReneRose
SharySeanSaraSebastienSallySam
TobiasTammyTonyTanyaTeddyTeresa
VirginieVinceValerieVanVickyVictor
WalterWhitneyWilliamWendyWilfredWanda
sumber : telegraph.co.uk

 

Mengapa beberapa nama badai dihapus dari daftar?

Bila badai dianggap sangat mematikan atau menimbulkan banyak kerugian, namanya dikeluarkan dari daftar. Nama lain dipilih untuk menggantikannya pada pertemuan tahunan Komite Siklon Tropis WMO.

Anggota harus memutuskan apakah Badai Irma harus ditukar dengan nama yang berbeda.

Nama Storm yang telah dihapus termasuk Haiyan (Filipina, 2013), Sandy (USA, 2012), Katrina (AS, 2005), Mitch (Honduras, 1998) dan Tracy (Darwin, 1974).

Bagaimana kekuatan sebuah topan?

Badai Irma adalah badai Kategori 5 – tapi siapa yang seharusnya menentukan kategori badai tersebut ?

Siklon tropis dalam peringkat

KategoriKecepatanKerusakan yang didapatkan
174 to 95 mphKerusakan atap dan saluran air. Dahan besar pepohonan patah. Kerusakan yang luas pada saluran listrik dan tiang
296 to 110 mphKerusakan besar pada atap. Pohon yang berakar dangkal akan tumbang atau tercabut. Hampir-total kehilangan daya listrik
3111 to 129 mphKerusakan besar pada rumah. Pohon akan terangkat atau tumbang, menghalangi jalan. Listrik dan air tidak tersedia
4130 to 156 mphKerusakan parah pada rumah. Sebagian besar pohon akan tumbang atau tercabut dan tiang listrik runtuh. Sebagian besar wilayahnya tidak bisa dihuni
5157 mph+Kerusakan parah pada rumah. Sebagian besar wilayah tersebut tidak dapat dihuni selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan
Skala Saffir-Simpson Hurricane digunakan untuk menentukan kekuatan angin topan tropis di banyak belahan dunia.

sumber : Met Office / National Hurricane Center

ikons.id

 

Bukankah kita memiliki nama badai di Inggris?

Ya – pada bulan September 2015, Kantor Met mengundang anggota masyarakat untuk mengajukan nama untuk badai untuk pertama kalinya, untuk musim gugur / musim dingin 2015/16 oleh media sosial.

Gagasan di balik proyek percontohan ini adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran akan cuaca buruk sebelum menyerang dan memastikan keamanan publik yang lebih besar.

Badai diberi nama saat dianggap memiliki potensi untuk menyebabkan dampak angin ‘sedang’ atau ‘tinggi’ di Inggris dan / atau Irlandia, menurut Met Office.

Seperti sistem AS, sistem penamaan yang baru di Inggris berjalan melalui alfabet dengan nama pria dan wanita alternatif.

Tidak ada badai yang dimulai dengan huruf Q, U, X, Y atau Z yang kurang umum. Satu-satunya saat ada perubahan dalam daftar adalah jika badai sangat mematikan atau memakan banyak biaya.

Jika badai adalah sisa-sisa badai tropis atau badai yang telah melintasi Atlantik, metode yang sudah mapan untuk merujuk kepadanya, misalnya “Ex-hurricane X”, akan berlanjut.

Nama untuk tahun 2015/16 adalah: Abigail, Barney, Clodagh, Desmond, Eva, Frank, Gertrude, Henry, Imogen, Jake, Katie, Lawrence, Mary, Nigel, Orla, Phil, Rhonda, Steve, Tegan, Vernon, Wendy.

Untuk tahun 2017/18, daftar baru telah disusun dengan menggunakan saran yang disampaikan melalui media sosial; daftar dimulai lagi di ‘A’, dengan nama pria / wanita alternatif.

VIAAum
SUMBERtelegraph
BAGIKAN