BAGIKAN
[Larryniven.wikia]

Dan Hooper, seorang ilmuwan senior bersama dengan Fermi National Accelerator Laboratory telah menulis sebuah makalah yang menguraikan tentang cara alien di masa depan yang bisa menjaga peradaban mereka agar tetap hidup terlepas dari isolasi karena alam semesta yang mengembang. Dalam makalahnya yang diunggah ke server preprint arXiv , dia memperkirakan jika para alien tersebut mungkin mempertimbangkan untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai bintang.

Dyson Sphere atau Bola Dyson adalah sebuah megastruktur yang mengelilingi sebuah bintang tertentu. Pertama kali diusulkan oleh Freeman Dyson, bola raksasa tersebut awalnya dibayangkan sebagai sekelompok satelit yang benar-benar melingkupi sebuah bintang untuk menangkap semua energinya. Energi itu kemudian bisa digunakan untuk berbagai tujuan peradaban yang diciptakan sesuai dengan yang diinginkan – sebagaimana matahari selaku bintang yang menjadi sumber energi bagi Bumi, tanpa bintang diperkirakan sebuah peradaban akan musnah.



Dalam upaya baru ini, Hooper menunjukkan jika para alien mungkin menciptakan struktur serupa untuk memberikan kekuatan saat alam semesta mengembang ke ukuran yang tidak dapat dipertahankan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa alam semesta tidak hanya meluas, ia memiliki kecepatannya dikarenakan energi gelap. Ini berarti bahwa hampir segala sesuatu yang berada di alam semesta bergerak menjauh dari yang lainnya.

Skenario seperti itu menunjukkan bahwa galaksi akan menjadi semakin terisolasi, meskipun komponen-komponen galaksi akan tetap terikat oleh gravitasi. Jadi, Hooper bertanya-tanya, apa yang akan dilakukan ras alien untuk memastikannya memiliki sumber daya yang menetap?

Dia memperkirakan jika para alien mungkin mengumpulkan berbagai bintang pada saat ini, mempersiapkan diri untuk hari-hari di masa depan ketika bintangnya akan terlalu jauh untuk diraih.




Hooper mencatat bahwa skenario semacam itu masih terlampau lama — pada urutan 100 miliar tahun dari sekarang. Tetapi dia juga mencatat bahwa jika alien merebut bintang dari salah satu galaksi dan memindahkannya kembali ke galaksi lain, waktu untuk setiap perjalanan akan berada di urutan miliaran tahun.

Jadi, mereka harus melakukannya sekarang, sebelum mereka kehabisan waktu. Dia mengakui bahwa manusia mungkin tidak akan dapat memahami mekanisme untuk menggerakkan bintang, tetapi kemungkinan ras alien cukup kuat untuk melakukannya.

Dia lebih lanjut menunjukkan bahwa jika kegiatan tersebut saat ini sedang terjadi, kita mungkin dapat melihat bukti itu dengan mencari bintang yang tampaknya bergerak di antara galaksi-galaksi atau dengan mencari berbagai celah di galaksi di mana bintang-bintangnya sudah hilang.




VIAaum
SUMBERphys
BAGIKAN