BAGIKAN

Gagasan yang terdengar aneh dari iklan Ikea dengan menggandakan diri sebagai tes kehamilan. Jika Anda hamil, buang air kecil pada halaman iklan mereka akan memunculkan potongan harga khusus untuk sebuah tempat tidur bayi.

Ikea sudah tidak asing lagi untuk menghasilkan buzz dengan iklannya. Tapi iklan viral merek pertama di tahun 2018 ini jelas tidak biasa, bagaimanapun juga.

Iklan majalah Amelia yang beredar di Swedia, mendorong pembacanya untuk buang air kecil pada sebuah halaman iklan Ikea. Jika mereka melakukannya, dan hamil, iklan tersebut akan memunculkan teks yang sebelumnya tak terlihat berupa penawaran potongan harga untuk produk tempat tidur bayi – menggunakan teknologi serupa yang digunakan tes kehamilan untuk menunjukkan hasil yang positif.

Teknologi di balik ini sebenarnya cukup rapi dan butuh beberapa waktu untuk berkembang. Agensi Swedia Åkestam Holst, yang menciptakan iklan tersebut, mengatakan bahwa bagian yang tersulit adalah menghubungkan bagian bawah halaman (di mana Anda meletakkan urin Anda) ke area di mana harga diskon Anda akan terungkap.

“Agar fungsi interaktif iklan ini bekerja pada kenyataannya, kami harus melakukan beberapa kemajuan teknis,” kata mereka kepada  AdWeek .

“Strip tes kehamilan digunakan sebagai titik awal, yang bergantung pada antibodi yang mengikat hCG hormon kehamilan, menghasilkan perubahan warna … Pemilihan bahan secara hati-hati, bersama dengan aliran kapiler yang terkontrol sangat penting untuk keberhasilan proyek ini. Kemajuan teknis yang dilakukan selama bekerja dengan kampanye ini berpotensi memperbaiki diagnostik medis. ”

Ini bukan hanya iklan yang rapi dan sedikit kotor untuk para pekerja toko – ini sebenarnya bermanfaat secara medis.

Reaksi sebagian besar positif – iklan ini tidak dapat disangkal lagi, bagaimanapun juga, dan mendapat banyak perhatian. Di sisi lain, bukankah kencing pada iklan tersebut sedikit jorok? Ada yang berpikir begitu. Yang lain, sedikit melebih-lebihkan, dengan memperkirakan bahwa semua ini adalah sebuah tanda akhir zaman.

Hal pertama yang perlu diperhatikan, bagaimana kepala bagian kreatif Magnus Jakobsson memberi tahu  – dan mungkin ini tidak dijelaskan sebelumnya – apakah iklan tersebut adalah kupon atau bukan, “Anda tidak perlu membawa iklan yang basah kuyup ke Ikea untuk mendapatkan potongan harga,” kata Jakobsson.

Sebaliknya, diskon tersedia untuk semua anggota program keluarga Ikea. Dengan demikian, iklan tersebut benar-benar berfungsi lebih sederhana, tes kehamilan secara gratis – dan mendorong pembaca yang hamil untuk bergabung dengan Keluarga Ikea dan menuai keuntungannya. Ini juga bukan diskon untuk wanita hamil saja.

Idenya berasal dari dua karya kreatif Holmes, Evelina Rönnung dan Hugo Wallmo. Agensi kemudian berkolaborasi dengan klien dan dengan Mercene Labs, yang mengembangkan teknologi untuk iklan tersebut. Sebelumnya telah diuji berkali-kali menggunakan air kencing wanita hamil, yang bisa dibeli di laboratorium untuk keperluan medis.

Agensi dan klien sama sekali tidak peduli dengan umpan balik negatif, menurut Jakobsson, mengingat iklan itu “tidak lebih buruk daripada melakukan tes kehamilan biasa.”

“Bukan kekhawatiran di dunia, sebenarnya,” katanya. “Kami telah mengerjakan iklan selama hampir satu tahun, percaya atau tidak, dan klien kami, Ikea Swedia, telah benar-benar mendukung selama proses ini. Penerbitan iklan yang merupakan tes kehamilan, dan mengingatkan konsumen tentang fakta bahwa Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik dengan diskon Keluarga Ikea dengan cara yang kreatif dan tidak biasa, sebenarnya tidak kontroversial, saat Anda memikirkannya dengan seksama. ”

Begitupun, majalah tersebut, Amelia, tidak menolak menjalankannya.

“Mereka menyukai iklan tersebut dan yakin menerbitkannya, karena pada dasarnya merupakan tes kehamilan edisi terbatas yang luar biasa,” kata Jakobsson. “Anda hanya merobek halaman dan meneteskan urin ke area yang ditandai, dan mendapatkan harga yang lebih baik sebagaimana garis biru.”

Dan bagaimana reaksinya di Swedia?

“Ini benar-benar bagus, seperti di wilayah Eropa lainnya,” kata Jakobsson. “Orang mengira itu iklan yang aneh, lucu dan menyenangkan. Yah, sebagian besar. ”

Ini juga sesuai dengan tema  “Where Life Happens” yang sedang berlangsung dari merek Ikea, yang telah dirayakan karena menyinari orang-orang biasa, orang yang memiliki kepentingan dan kelompok.


sumber : adweek iflscience dezeen

VIAaum
BAGIKAN