BAGIKAN

Ada perilaku iseng yang agak aneh di kalangan selebriti yang memakan plasentanya sendiri setelah melahirkan. Kim dan Kourtney Kardashian melakukannya. Aktris X-Men: Fitst Class Januari Jones melakukannya.

Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada bukti  memakan plasenta Anda memiliki manfaat kesehatan, idenya telah menjadi mainstream yang aneh, dengan banyak orang di YouTube mengeposkan video tentang bagaimana mempersiapkan plasenta, memasak plasenta, atau bahkan mengubahnya menjadi milkshake.

Bahkan ada pria di luar sana yang telah membuat tato plasenta , dan sebuah buku resep berjudul 25 Resep Plasenta – Resep Mudah dan lezat untuk Memasak dengan Plasenta! yang  memiliki ulasan cukup bagus yang tersedia  di Amazon .

Bagi orang-orang yang ingin mengkonsumsi plasenta mereka, tanpa harus mengikuti resep apapun, ada juga perusahaan di luar sana yang akan mengubah plasenta manusia menjadi kapsul. Anda kemudian bisa mengambilnya (sekali lagi, tanpa manfaat medis yang jelas) dalam bentuk pil yang mudah digunakan.

Namun, sebuah laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kini tidak hanya menyarankan bahwa mengonsumsi plasenta Anda adalah idak mendatangkan manfaat, hal itu juga berbahaya bagi anak Anda.

Dalam laporan tersebut, CDC mengatakan bahwa petugas kesehatan percaya bahwa kapsul plasenta mungkin telah menyebabkan infeksi pada bayi di Portland, Oregon.

Sang ibu menyuruh agar plasentanya berubah menjadi pil oleh perusahaan yang menurutnya aman. Untuk melakukan ini mereka mengambil plasenta, membersihkan dan mengeringkannya, lalu menggilingnya sebelum memasukkannya ke dalam kapsul. Namun, setelah dia minum kapsul, anaknya jatuh sakit. Dokter tidak dapat mengetahui apa yang salah dengan anak tersebut sampai mereka diberitahu bahwa ibunya telah meminta plasenta saat lahir.

Kapsul diuji, dan ternyata mengandung bakteri menular di dalam plasenta itu sendiri. CDC percaya bahwa perusahaan mungkin tidak memanaskan plasenta cukup untuk membunuh kuman, sebelum mereka mengirimnya  kembali ke ibu tersebut.

Syukurlah, anak itu selamat setelah menerima antibiotik, namun CDC telah sampai sejauh memperingatkan bahwa tidak ada manfaat kesehatan untuk mengonsumsi plasenta Anda sendiri. Sebenarnya, mereka menyarankan sebaiknya hindari kapsul plasenta sama sekali.

“Penggunaan plasenta baru-baru ini dipromosikan ke wanita pasca melahirkan untuk mendapatkan manfaat fisik dan psikologisnya, walaupun bukti ilmiah untuk mendukung hal ini kurang,” pusat tersebut  memperingatkan dalam laporannya . Mereka menunjukkan, “Tidak ada standar untuk memproses plasenta untuk dikonsumsi,” yang berarti tidak ada peraturan untuk memastikan keselamatan.

“Proses enkapsulasi plasenta sendiri tidak membasmi patogen infeksius, sehingga konsumsi kapsul plasenta harus dihindari.”