BAGIKAN

Arsitek Monk Mackenzie telah merancang ‘rumah queenstown’, tempat tinggal linier yang direncanakan untuk lanskap Selandia Baru yang terpencil. Enam kamar tidur yang disediakan untuk klien pribadi dirancang untuk bertengger dengan aman di daerah dan menjembatani zona banjir musiman.

Tempat tinggal tersebut seolah tampak melayang-layang di atas tanah lapang seperti jembatan, mencampuradukkan settingnya dan memperlihatkan pemandangan luar biasa yang mengelilinginya. Rumah tersebut yang baru-baru ini diberikan penghargaan pada Festival Arsitektur Dunia 2017, acara arsitektur live terbesar tahunan internasional.

Juri festival arsitektur dunia memilih ‘rumah queenstown’ mengalahkan tujuh proyek lainnya dalam kategori ‘proyek rumah masa depan’, memuji ‘isyarat berani’ dan hubungan yang initim dengan lanskap. Meskipun rumah belum selesai, namun perumusan evokatif tersebut mengungkapkan sebuah rancangan bijaksana yang mengintegrasikan penghuninya dalam lansekap sepanjang tahun, dalam kondisi bersalju atau terang oleh sinar matahri.

Monk Mackenzie adalah praktik arsitektur pemenang penghargaan dengan catatan merancang dan memberikan solusi arsitektur yang unik. Studio ini bertujuan untuk memberikan kontribusi abadi terhadap lingkungan binaan dan melakukannya dengan cara yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

VIAaum
SUMBERdesignboom
BAGIKAN