BAGIKAN

Rumah di masa depan pasti lebih cerdas, responsif, dan bahkan dapat menghemat uang penghuninya. Mahasiswa University of Maryland memperbolehkan kita untuk mengetahui seperti apa yang dianggap rumah masa depan oleh reACT, sebuah rumah cerdas berkelanjutan yang memikirkan kembali arsitektur sebagai penghidupan organisme.

Diciptakan sebagai “perlengkapan suku cadang”, tempat tinggal bertenaga surya modular ini disetarakan dengan perangkat bangunan rumah yang dapat dengan mudah diangkut keluar dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan yang berbeda.

Yang paling mengesankan, reACT -Resilient Adaptive Climate Technology- adalah mencukupi kebutuhan sendiri, dan menghasilkan energi bersih, mendaur ulang limbah, mengatur sendiri sistem bangunannya, dan bahkan menghasilkan air bersih dan menumbuhkan makanan yang kaya nutrisi.

Mahasiswa University of Maryland merancang dan membangun reACT untuk pasangan suami-istri yang tinggal di Denver, Colorado, yang juga anggota Suku Indian Nanticoke di Pantai Timur. Rumah bertenaga surya mendapatkan inspirasi dari klien penduduk asli Amerika untuk menunjukkan bagaimana sistem bangunan inovatif ReACT dengan kemampuan tanpa menggunakan jaringan listrik dapat disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya yang unik.

Dengan demikian, prototipe reACT menggabungkan pengaruh penduduk asli Amerika seperti bahan, pola, dan bahkan praktik pertanian leluhur mereka, yang dapat ditemukan di kebun hidroponik, kebun sayur eksterior, dan dinding hidup yang dapat dipindahkan. Desain modular memungkinkan pemilik rumah untuk memperluas atau mempersingkat rumah sesuai kebutuhan.

Rumah modular reACT dirancang di sekitar halaman tengah dengan atap kaca yang dapat dioperasikan dan panel dinding untuk membawa cahaya ke interior dan berfungsi sebagai kolektor panas matahari. Sebuah array fotovoltaik listrik tenaga surya memanfaatkan energi terbarukan dan menyimpannya di baterai lokasi. Warga akan memiliki pilihan untuk menjual kembali energi ke jaringan listrik.

Rumah reACT juga menghasilkan air bersih melalui sistem pengumpulan dan pengolahan air hujan dan air limbah rumah tangga. Berkebun dalam ruangan menciptakan esensi rumah hijau di mana makanan kaya nutrisi tumbuh dengan menggunakan sampah organik yang dikumpulkan dari pengomposan toilet. Sistem bangunan mandiri, yang dicapai melalui otomasi, memprogram rumah untuk menjadi lebih hemat energi seiring berjalannya waktu karena teknologi rumah virtual belajar dari lingkungan dan gaya hidup para penghuninya.

Rumah reACT adalah sebagai penyerahan dari University of Maryland kepada kompetisi Solar Decathlon tahun ini. Begitu kompetisi usai, reACT akan dikirim kembali ke Maryland dan dipasang di sebelah rumah Solar Decathlon 2007 kedua di taman berkelanjutan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

 

VIAaum
SUMBERinhabitat
BAGIKAN