BAGIKAN

Pariwisata ruang angkasa bukanlah ide baru. SpaceX mengumumkan rencana tahun ini untuk mengirim warga sipil ke langit dan Virgin Galactic masih berupaya mencapai tujuannya untuk penerbangan reguler . Belum lama, Blue Origin merilis cuplikan ambisi wisata ruang masa depan . Tapi semua rencana ini bukan pengalaman kelas satu. Bahkan setelah membayar jutaan dolar, beberapa petualang super kaya harus memiliki akomodasi sederhana di orbit bersama astronot yang terlatih dengan baik.

Namun dalam beberapa tahun, agen pariwisata luar angkasa mungkin menawarkan petualangan orbital berkelas bintang lima, atas izin dinas antariksa Rusia. Fasilitasnya termasuk suite orbital mewah yang diparkir di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang menawarkan kabin pribadi dengan jendela besar, fasilitas kebersihan pribadi, peralatan olahraga dan bahkan Wi-Fi. Selain memandangi bola biru mungil dari ketinggian yang memusingkan 250 mil, wisatawan luar angkasa akan memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan di luar ruangan dengan dipandu kosmonot profesional.

Seluruh perjalanan, yang berlangsung dari satu sampai dua minggu akan menelan biaya $ 40 juta per orang dan pergi dengan pilihan pesawat ruang angkasa dan tinggal selama sebulan penuh akan membuat para pelancong membayar biaya tambahan $ 20 juta.

Inilah inti skema besar Rusia untuk kembali ke bisnis pariwisata luar angkasa. Bulan ini, Roskosmos State Corporation telah mulai meninjau rencana bisnis untuk kenyamanan tinggi selain ISS. Menurut sebuah proposal rinci yang dilihat oleh Popular Mechanics, modul 20 ton, 15,5 meter akan menyediakan 92 meter kubik ruang bertekanan. Ini akan menampung masing-masing empat tempat tidur berukuran sekitar dua meter kubik dan dua stasiun “kebersihan dan medis” dengan volume yang sama. Setiap ruang pribadi juga memiliki lubang pengunci dengan diameter 228 milimeter (9 inci), sedangkan area lounge modul akan memiliki jendela setebal 426 milimeter (16 inci) berukuran raksasa.

Struktur eksternal modul wisata terlihat seperti Modul Ilmu Pengetahuan dan Tenaga Listrik, NEM-1, yang saat ini sedang dibangun Rusia untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional. Modul NEM yang kedua pada awalnya ada di buku-buku dalam skenario perakitan stasiun radio, namun pemerintah Rusia hanya mendanai satu modul. Ini akan berfungsi terutama sebagai laboratorium sains dan stasiun pasokan daya untuk ISS.

Sekarang, kontraktor utama stasiun ruang angkasa Rusia, RKK Energia, menghasilkan skema untuk membayar modul NEM kedua melalui perpaduan antara investasi swasta dan negara. Untuk mendapatkan keuntungan, NEM-2 akan disesuaikan untuk pengunjung berbayar.

RKK Energia memelopori pariwisata ruang angkasa pada 1990-an, pertama kali menyewa stasiun ruang angkasa Mir untuk sebuah perusahaan swasta dan kemudian menjajakan jutawan ke ISS . Namun dalam beberapa tahun terakhir, penerbangan turis telah ditahan karena mitra ISS Rusia merekrut semua kursi yang ada di pesawat ruang angkasa Soyuz, yang tetap merupakan satu-satunya cara untuk mencapai pos terdepan setelah pensiunnya pesawat luar angkasa di tahun 2011. Soyuz akan tersedia lagi di beberapa tahun, karena kontraktor swasta NASA, seperti SpaceX, siap untuk memperkenalkan taksi orbital mereka sendiri.

VIAaum
SUMBERpopularmechanics
BAGIKAN