BAGIKAN
[Annawaldl/pixabay]

Sebuah penemuan mengejutkan menunjukkan, bahwa saat hujan turun, tanaman cukup direpotkan dengan mengatur pertahanan dalam dirinya bahkan tanaman yang berada di sekelilingnya.

Tim ilmuwan internasional mengamati, bahwa ketika air mengenai tanaman, ternyata dapat memicu sinyal kimia kompleks yang disebarkan menuju seluruh bagian tubuhnya sebagai respon dalam mempersipkan pertahanannya.

Hasil dari penelitian ini, dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences,





Harvey Millar dari University of Western Australia, mengatakan bahwa setelah tanaman disiram dengan air dan diamati bagaimana efeknya, para peneliti memperhatikan sebuah reaksi berantai pada tanaman telah terpicu yang disebabkan oleh semacam protein yang disebut dengan Myc2.

“Ketika Myc2 diaktifkan, ribuan gen beraksi mempersiapkan pertahanan tanaman,” kata Profesor Millar. “Sinyal peringatan ini bergerak dari daun ke daun dan menyebabkan berbagai efek perlindungan.”

Meskipun terdengat aneh, menurutnya, apa yang telah membuat panik tanaman adalah karena hujan sebenarnya penyebab utama penyebaran penyakit di antara tanaman.

“Ketika tetesan hujan membasahi daun, tetesan air yang lebih kecil memantul ke segala arah. Tetesan ini dapat mengandung berbagai bakteri, virus, atau spora jamur. Satu tetesan dapat menyebarkannya hingga 10 meter menuju tanaman di sekitarnya.”

Bukti juga menunjukkan bahwa ketika turun hujan, sinyal yang sama menyebar pada daun yang ditransmisikan menuju tanaman terdekat melalui udara.

“Salah satu bahan kimia yang diproduksi adalah hormon yang disebut sebagai asam jasmonat yang digunakan untuk mengirim sinyal di antara tanaman,” kata Millar.




“Jika tetangga tanaman telah mengaktifkan mekanisme pertahanannya, mereka cenderung menyebarkan penyakit, jadi sebaiknya mereka menanamkan peringatan kepada tanaman terdekat.

“Ketika bahaya terjadi, tanaman tidak dapat berpindah lokasi sehingga mereka mengandalkan sistem pensinyalan kompleks untuk melindungi diri mereka sendiri.”



Millar mengatakan bahwa jelas tanaman memiliki hubungan yang menarik dengan air, di mana hujan bisa membawa penyakit utama tetapi juga penting untuk kelangsungan hidup tanaman.




VIAtasyaq
SUMBER University of Western Australia
BAGIKAN