BAGIKAN

Dahsyatnya luapan Kali Ciliwung berdampak banjir di Jakarta sehingga banyak rumah penduduk terendam yang terjadi pada Senin lalu, sehingga membuat Gubernur DKI Jakarta, Anies Basuwedan datang langsung ke Kota Bogor untuk meninjau kondisi air di bendung Katulampa Kota Bogor, sekaligus mencari inspirasi untuk mengatasi banjir tersebut.

Gubernur DKI Anies Basuwedan beserta rombongan tiba sekitar pukul 12.20 WIB. Anies yang didampingi Walikota Bogor Bima Arya memasuki posko bendung Katulampa untuk melihat kondisi air, dan petunjuk kapasitas debit air yang akan membahayakan wilayah Jakarta.

Anies mengatakan, bahwa kunjungannya ke Katulampa ini karena ingin melihat langsung situasi bendung Katulampa dan juga memantau ketinggian air di kali Ciliwung.agar kita ketahui bersama, jika intensitas air hujan sedang tinggi maka ketinggian air di bendung Katulampa meningkat, bahkan pada Senin lalu mencapai siaga I dengan ketinggian 240cm. Nah, sekarang sudah surut, hanya 40cm,” kata Anies ketika meninjau bendung Katulampa Kota Bogor, Senin (12/2/2018).

Anies menjelaskan, untuk menanggulangi pencegahan banjir di Jakarta, tentu Pemprov DKI dan Pemkot Bogor harus terus koordinasi dan komunikasi. “Senin lalu debit air di sini (hulu, red) meningkat mencapai 240cm dan airnya mengalir ke Jakarta. Sehingga beberapa titik terkena banjir, Pak Wali langsung menghubungi saya untuk menginformasikan kondisi air di bendung Katulampa, agar warga Jakarta waspada ujarnya.

Masih kata Anies, bendung Katulampa juga difasilitasi cctv, dimana cctv tersebut tersambungkan langsung dengan fasilitas Sumber Daya Air di Jakarta. Jadi ketinggian air di Katulampa secara real time terpantau.

“Kami datang ke sini merupakan salah satu usaha kita untuk mencegah terjadinya banjir di Jakarta. Komunikasi saya dengan Pak Wali tetap intens dan selalu berkoordinasi,” ucapnya. (HM)

 

VIAHM
BAGIKAN