BAGIKAN
[PlasticRoad]

Para pejabat dari kota Zwolle, Belanda, telah mengumumkan pembukaan jalur sepeda baru yang dibangun dengan menggunakan plastik daur ulang. Jalur sepeda adalah bagian dari upaya nasional untuk mendaur ulang lebih banyak produk akhir pengguna. Jalur sepeda dibuat menggunakan desain modular prefabrikasi yang disebut PlasticRoad oleh perusahaan pembuat pipa bernama Wavin.

Ide untuk jalur sepeda dilahirkan oleh Anne Koudstaal dan Simon Jorritsma yang bekerja untuk KWS — perusahaan yang membuat jalan. KWS dan Wavin bergabung dengan raksasa minyak Total dalam merancang konsep PlasticRoad.

Jalur sepeda sepanjang 30 meter dan berjalan dari Verenigingstraat ke Lindestraat di Zwolle. Para pejabat dengan Wavin melaporkan bahwa modul yang menyusun jalur sepeda menggunakan setara dengan setengah juta tutup botol plastik dan sekitar 218.000 gelas plastik.

Plastik daur ulang menyumbang sekitar 70 persen dari bahan PlasticRoad. Modul-modul dibuat menggunakan desain berongga — di bagian atas adalah permukaan jalan — di bawahnya adalah area kosong yang dapat digunakan untuk (sementara) menyimpan air, sehingga mencegah banjir selama pengendapan ekstrim. Bagian berongga juga dapat digunakan untuk transit kabel dan pipa, sehingga mencegah kerusakan penggalian. Sebuah kerangka menahan bagian atas dan bawah bersama-sama.

Para peneliti juga menambahkan sensor di bagian berongga untuk menghitung lalu lintas dan memantau keausan pada setiap modul. Dan ada banyak aplikasi yang dapat dibayangkan lainnya, termasuk pengisian tenaga listrik bagi kendaraan.

Pemasangan jalan raya atau jalur sepeda dilakukan dengan menggali tanah dan kemudian meletakkan modul satu per satu. Setiap modul kemudian dihubungkan dengan yang berdekatan untuk menyediakan pengendaraan yang mulus bagi para pengendara sepeda.

Pejabat Wavin mengklaim bahwa modul mudah dipasang, sangat ringan dan lebih tahan lama daripada aspal. Dibuat dengan metode produksi daur ulang, yang berarti bahwa ketika sebuah modul sudah tidak terpakai, dapat dilelehkan kembali untuk memproduksi modul baru.

Belanda adalah lokasi utama untuk jalur sepeda seperti itu, bersepeda sangat populer di sana — negara itu memiliki 22 juta sepeda hanya untuk 17 juta orang saja. Dan para pengendara didukung oleh infrastruktur luas yang didedikasikan untuk penggunaannya — kota Amsterdam, misalnya, memiliki kurang lebih 800 km jalur sepeda.

Para pejabat dengan Wavin melaporkan bahwa jalur sepeda kedua akan dipasang di kota Giethoorn — keduanya proyek percontohan dimaksudkan untuk menguji gagasan menggunakan plastik yang dapat didaur ulang untuk membangun jalur sepeda dan mungkin bisa untuk jalan raya.

VIAAum
SUMBERtechxplore
BAGIKAN