BAGIKAN

Lotte World Tower di Seoul, Korea Selatan, kini resmi dinobatkan sebagai gedung tertinggi kelima dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).

Gedung yang menjulang 555 meter itu juga menjadi tertinggi di Negeri Ginseng, melampaui pemegang rekor sebelumnya yakni Northeast Asia Trade Tower setinggi 305 meter.

Selain itu, Lotte World Tower juga hampir dua kali dari bekas gedung tertinggi di Seoul, yakni Three International Financial Center yang memiliki tinggi 284 meter.

Rampungnya pembangunan Lotte World Tower ini juga mengubah konstelasi 10 besar pencakar langit dunia.

Lotte World Tower mendepak Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur setinggi 452 meter yang masuk dalam daftar tertinggi sejak selesai dibangun pada 1998.

Menara Kembar Petronas berada dalam daftar 10 gedung tertinggi dunia selama 19 tahun.

Pencakar langit ini juga pernah menjadi gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh TAIPEI 101 sejangkung 508 meter.

Posisi gedung ini kemudian diambilalih posisinya pada 2010 oleh pemegang rekor gedung tertinggi dunia Burj Khalifa (828 meter).

Lotte World Tower dimiliki oleh Lotte Group, sebuah imperium bisnis di bidang ritel. Struktur ini mencakup hotel dan perkantoran yang dirancang oleh arsitek ternama Kohn Pedersen Fox Associates yang juga mendesain Energy Tower Jakarta.

Desain Lotte World Tower diklaim mengambil bentuk estetika modern yang terinspirasi dari keramik, porselen, dan kaligrafi Korea.

Bentuk meruncing nan ramping dari Lotte World Tower menggambarkan topografi pegunungan bebatuan Seoul.

Gedung ini diprogram multifungsi dan melebihi apa yang ada di gedung-gedung lainnya. Lotte World Tower terdiri dari komponen ritel, perkantoran, hotel mewah bintang tujuh, dan sebuah officetel.

Officetel merupakan istilah jamak di industri properti Korea Selatan yang menawarkan akomodasi bergaya apartemen studio untuk orang-orang yang bekerja di dalam gedung dan sering mencari layanan tertentu seperti di hotel berupa furnitur, meja keamanan, dan akses gimnasium.

Menara ini telah dirancang dan dibangun dengan Lotte World Mall 10 lantai sebagai dasarnya yang telah beroperasi sejak 2014 silam.

Kompleks ritel dan hiburan sebagai bagian besar komponen di dalam gedung telah menjadi penarik perhatian sangat populer sejak pertama kali dibuka.

Hingga kini sebanyak 28,2 juta orang berkunjung selama 12 bulan pertama.

SUMBERproperti kompas
BAGIKAN