BAGIKAN

Arsitek Grimshaw, Arup Engineering, dan Haley Sharpe Design telah bekerjasama untuk memperkenalkan “Taman Botani Oman” yang terbesar dari jenisnya di semenanjung Arab. Dirancang dengan bimbingan dari Sultan Qaboos bin Said Al Said, eco-park akan merayakan dan melestarikan keragaman botanik di negara ini dengan ratusan spesies yang terancam punah dan juga menjadi pusat perhatian pengunjung, fasilitas pendidikan dan penelitian.

foto keseluruhan © arup/grimshaw

Berlokasi 35 km dari Muscat, di kaki pegunungan Al Hajar “Taman Botani Oman” memiliki kondisi situs yang unik. Ini adalah salah satu dari sedikit lokasi di dunia dimana tempat dasar laut purba masih terlihat setelah aktivitas tektonik meninggikan dasar sampai 100 meter di atas permukaan laut. Arup dan grimshaw menyelesaikan pada pegunungan dan jurang alami yang ada, yang melintasi lokasi untuk merancang bangunan dan jalan setapak, dengan hati-hati mengintegrasikannya ke dalam tanah bergelombang yang spektakuler.

eco-park tersebut akan berada 35 km dari Muscat, di kaki pegunungan Al Hajar
Persyaratan program yang kompleks dari lingkungan ekologi dan fasilitas pendidikan yang unik memerlukan keseimbangan antara kenyamanan pengunjung dan kenyamanan ekologis. Strategi perancangan mencakup naungan pasif dan aktif, pengoptimalan siang hari alami, dan pendinginan dan pengairan tanaman yang efisien. Orientasi sinar matahari, pola cuaca dan perilaku manusia juga telah menginformasikan perancangan arus pengunjung melalui situs.
Desainnya terintegrasi dengan hati-hati dalam lanskap yang bergelombang

“Taman botani Oman adalah proyek yang menakjubkan dengan banyak lapisan kepentingan budaya dan lingkungan yang saling terkait,” kata brewis keith, pasangan brewal. “Skala dan keragamannya benar-benar terkemuka di dunia, dan kami merasa terhormat bekerja sebagai arsitek untuk sebuah proyek yang memiliki konservasi keanekaragaman hayati sebagai pengarah desain inti.”

Dua rumah biomassa beragam koleksi tanaman
Ed Clarke, associate director dan project manager menambahkan, “di arup kami telah menikmati banyak tantangan unik yang disajikan oleh kebun raya oman; dari merancang lansekap alami dan asli untuk menciptakan kabut indah khareef. Lebih dari 700 insinyur multi-disiplin dan perancang spesialis kami terlibat untuk mengeksplorasi dan menemukan solusi yang sesuai dengan pandangan yang ambisius dan kreatif. Kebun botani Oman pasti merupakan salah satu proyek paling menakjubkan di dunia.”
Eco-park akan merayakan dan melestarikan keragaman botanik di negara ini dengan ratusan spesies yang terancam punah taman tersebut juga akan menampung fasilitas penelitian dan pendidikan
VIAANI
SUMBERdesignboom
BAGIKAN