BAGIKAN
Kapak genggam Boxgrove. Credit: University of York

Sebuah studi terbaru menunjukkan bagaimana manusia purba mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan dirinya sendiri secara sadar, pada sekitar 500.000 tahun yang lalu. Berdasarkan pada proses pembuatan berbagai peralatan maju yang dihasilkan saat itu, menunjukkan bahwa kontrol diri manusia sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Berbagai peralatan, seperti kapak genggam telah dibuat oleh hominin awal sejak 1,8 juta tahun yang lalu. Namun nenek moyang hominin kita mulai membuat versi dari peralatan ini yang lebih rumit dan dirancang dengan cermat, sekitar 500.000 tahun yang lalu.

Para penulis penelitian, dari University of York, mengatakan bahwa kemajuan dalam pengerjaan peralatan ini menandakan  setiap orang pada saat ini memiliki karakteristik yang menunjukkan kontrol diri yang signifikan, seperti konsentrasi dan toleransi terhadap frustasi.



Studi ini menyoroti koleksi kapak batu berumur 500.000 tahun yang digali dari sebuah tambang kerikil di desa Boxgrove di Sussex Barat. Kapak-kapak yang dihasilkan sangat simetris yang menunjukkan bahwa pengerjaannya penuh kehati-hatian, tidak tergesa-gesa dan dikerjakan dalam jangka waktu yang panjang.

Penulis senior studi ini, Dr Penny Spikins, dari Departemen Arkeologi mengatakan: “Alat yang lebih canggih seperti kapak genggam Boxgrove mulai muncul pada sekitar waktu yang sama, ketika leluhur hominin kita mengembangkan otak yang jauh lebih besar.

“Kapak-kapak tersebut menunjukkan karakteristik yang dapat dikaitkan dengan pengendalian diri seperti investasi waktu dan energi pada sesuatu yang tidak menghasilkan imbalan langsung, perencanaan ke depan dan tingkat toleransi frustasi untuk menyelesaikan tugas yang melelahkan.

“Pada hari ini kapasitas kita untuk mengendalikan diri telah menjadi sangat penting. Tanpa tingkat pengendalian diri yang kita miliki sebagai spesies, ‘karantina wilayah’ tidak akan mungkin bisa dilaksanakan. Dibutuhkan kontrol diri untuk mengutamakan kebutuhan masyarakat daripada kebutuhan diri sendiri. Studi kami menawarkan beberapa petunjuk menuju pada suatu tempat dalam sejarah manusia, di mana kemampuan ini berasal.”

Para peneliti juga menunjukkan bukti bahwa pembuatan kapak yang sangat simetris dan rumit akan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang terakumulasi selama masa hidup.

Dalam sebuah pengujian, orang yang mencoba meniru kapak yang ditemukan di Boxgrove, membutuhkan waktu pengerjaan selama 16 jam untuk menghasilkan kapak genggam yang hampir serupa.



Penulis utama studi ini, James Green, dari Departemen arkeologi di University of York, menambahkan: “Dengan menguraikan proses mental dan fisik yang terlibat dalam produksi artefak prasejarah, kita dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang kemampuan seseorang yang telah membuatnya.

“Kapak ini menunjukkan pembelajaran sosial dan kegiatan usaha yang diarahkan pada keterampilan mengasah. Selain itu,¬† memberikan beberapa bukti paling awal tentang sesuatu yang sengaja dibuat secara bertahap dari imajinasi dalam pikiran seseorang.

“Kontrol diri tidak unik bagi manusia, tetapi mungkin telah memainkan peran penting dalam evolusi kita. Itu kunci bagi banyak sifat yang mendefinisikan manusia modern seperti pro-sosialitas, kerja sama, dan merawat yang lemah.”

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Time and Mind.