BAGIKAN

Manusia sudah bisa melakukan perjalanan ke Mars pada awal 2024 dengan tujuan membangun koloni di planet merah tersebut, menurut Elon Musk.

Perusahaan eksplorasi ruang angkasa Musk SpaceX telah meletakkan rencana ambisius untuk mendirikan sebuah pangkalan di Mars setelah meluncurkan sebuah roket yang bisa digunakan kembali yang katanya bisa melaju dengan kecepatan hingga 27.000 kilometer per jam .

SpaceX mengatakan akan dapat membangun basis di bulan dan menerbangkan dua misi kargo ke Mars pada tahun 2022 yang dapat menemukan infrastruktur air, sumber tenaga, dan infrastruktur pendukung kehidupan lainnya.

Elon Musk

Pelancong manusia pertama akan berangkat pada 2024, di mana mereka bisa mendirikan pabrik bertenaga surya yang akan menghasilkan propelan -sebagai bahan bakar- untuk kembali ke bumi. Yang paling penting, roket akan mendarat secara vertikal, artinya bisa digunakan kembali untuk misi lain.

Karena gravitasi Mars rendah , berarti roket tidak memerlukan gravitasi yang banyak untuk meluncur ke orbit, Musk mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa tersebut akan melakukan perjalanan ke planet ini tanpa kesediaan bahan bakar yang cukup untuk kembali, sehingga mensintesis bahan bakar dari karbon dioksida di atmosfer dan air dari es di bawah permukaan -selama perjalanan- akan sangat penting untuk kembali.

Seiring waktu, sebuah kota menjadi tempat yang layak huni akan berkembang di planet ini, yang akan menjadi “tempat yang sangat bagus yang pernah ada”, katanya.

Berbicara di Adelaide pada hari Jumat, Musk mengumumkan rencana untuk pesawat ruang angkasa “BFR” baru yang katanya bisa menampung masing-masing 100 orang.

Dia mengatakan bahwa tanggal peluncuran 2022 untuk misi kargo pertama bersifat “aspirasional” namun SpaceX akan mulai mengerjakan roket tahun depan. Dia menambahkan bahwa SpaceX juga bisa menggunakan roket untuk perjalanan kota-kota ke seluruh dunia, dengan penerbangan antar benua memakan waktu kurang dari setengah jam.

“Menjadi spesies multi planet lebih baik dibandingkan spesies satu planet,” katanya.

Musk juga mengatakan SpaceX berencana membangun basis pendaratan di bulan. “Ini tahun 2017, kita seharusnya memiliki basis di bulan sekarang, apa yang sedang terjadi?” dia berkata.

Musk sebelumnya mengatakan bahwa sebuah kota di Mars dengan sejuta penduduk harus dapat dicapai dalam 50 tahun, dan bahwa manusia perlu tinggal di planet lain untuk memastikan kelangsungan hidup kita sebagai spesies.

Dia mengatakan SpaceX akan dapat membayar roket baru karena BFR akan multi guna, mampu menyelesaikan misi lain seperti membawa satelit ke orbit, dan mengganti armada yang ada di perusahaan.

1 KOMENTAR