BAGIKAN
3 Langkah Sederhana untuk Menguasai Subjek Baru, Menurut seorang Praktisi Pemenang Hadiah Nobel

Seiring bertambahnya usia, belajar sesuatu yang baru menjadi lebih kompleks, membosankan, dan menyita waktu daripada sebelumnya, dan video viral seorang anak jenius yang bisa berbicara dalam lima bahasa berbeda menjadi percakapan favorit makan malam kita, karena bagaimana bisa mereka melakukannya?

Tapi menguasai mata pelajaran yang asing, apakah Anda masih bersekolah atau tidak, tidak harus begitu menyulitkan. Ambillah contoh dari fisikawan pemenang Hadiah Nobel, Richard Feynman. Dia menemukan secara tidak sengaja rumus tiga langkah yang membuat Anda belajar sesuatu tidak hanya lebih cepat, tapi juga pada tingkat yang lebih dalam.

Seperti yang dijelaskan Shane Parrish di Medium , Richard Feynman mencontohkan perbedaan antara “mengetahui sesuatu” dan “mengetahui nama sesuatu”.

Apa artinya? Feynman menjelaskannya sekali dalam sebuah wawancara , mengatakan bahwa seseorang bisa menunjukkan seekor burung bersayap emas kecil, dan mengatakan bahwa itu adalah brown-throated thrush -jenis burung. Mereka juga bisa mengatakan bahwa itu disebut halzenfugel dalam bahasa Jerman, dan orang Cina menyebutnya chung ling. 

Anda bisa mengingat fakta-fakta ini selama sisa hidup Anda, tapi Anda masih tidak tahu apa-apa tentang burung tersebut sebenarnya – di mana ia tinggal, bagaimana ia bermigrasi, seperti apa suaranya.

Itu adalah contoh poin Feynman yang sangat jelas, tapi ini juga berlaku untuk subjek yang jauh lebih kompleks.

Misalnya air dapat menghantarkan listrik – ini adalah bagian mendasar dari bagaimana kita memahami dunia di sekitar kita, namun setelah 200 tahun mencari, para ilmuwan baru saja mengetahui bagaimana hal itu benar-benar terjadi.

Pemahaman mendalam tentang topik baru sangat penting – bahkan jika Anda hanya mencoba melewatinya melalui ujian, karena Anda tidak tahu aspek apa dari subjek yang akan mereka hadapi ini.

Jadi bersiaplah untuk ‘belajar bagaimana belajar’ dari seorang jenius yang sah dengan menggunakan Teknik Feynman .

Langkah 1:

Ajarkan pada seorang anak

Keluarkan buku catatan, tulis topik yang sedang Anda pelajari di bagian atas halaman, dan jelaskan, dari awal sampai akhir, seolah-olah Anda menjelaskannya kepada seorang anak kecil.

Jika tanggapan pertama Anda adalah, “Um, bagaimana saya menjelaskan mekanika kuantum kepada seorang anak?” Ingat bahwa xkcd pernah menjelaskan ilmu roket dengan hanya menggunakan 1.000 kata yang paling umum dalam bahasa Inggris.

Itulah kuncinya di sini – ketika Anda menuliskan penjelasan Anda untuk anak berusia delapan tahun, Anda tidak dapat bersembunyi di balik jargon rumit yang sebenarnya tidak dimengerti oleh Anda.

“Ketika Anda menuliskan sebuah gagasan dari awal sampai akhir dengan bahasa sederhana yang bisa dipahami oleh seorang anak (tip: gunakan hanya kata-kata yang paling umum), Anda memaksa diri Anda untuk memahami konsep ini pada tingkat yang lebih dalam dan menyederhanakan hubungan dan hubungan antara gagasan,” kata Parrish .

“Jika Anda berjuang, Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang di mana Anda memiliki kekurangan.”

Langkah 2:

Tinjau kembali kesenjangan pengetahuan Anda

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan Anda, Anda dapat mempelajari secara spesifik, mendapatkan jawabannya, dan ulangi Langkah 1. Terus lakukan ini sampai tidak ada kekurangan sama sekali.

Langkah 3:

Atur dan sederhanakan

Anda sekarang harus memiliki penjelasan lengkap untuk topik baru Anda, itu sederhana dan cukup komprehensif sehingga aeurang anak kecil pun bisa mengikutinya.

Cobalah untuk mengurangi dan menyederhanakannya, dan membacakannya dengan lantang – yang akan membantu Anda mengidentifikasi potongan yang tidak rata dan tidak meyakinkan.

Langkah 4 (opsional):

Cobalah pada manusia yang sebenarnya

Anda bisa merekrut seorang anak berusia delapan tahun yang sebenarnya dan mencoba menjelaskannya kepada mereka, namun dengan asumsi akan ada masalah seputar perhatian, ajak seorang teman dan cobalah pada mereka.

Jika mereka tidak mengerti sesuatu dalam penjelasan Anda dan Anda tidak bisa menjelaskannya – masih ada kekurangan.

Dan itu semua ada pada Teknik Feynman.

Tidak ada perbaikan secepat kilat, Anda masih harus melakukan studi Anda, tapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda dijamin memiliki pemahaman mendalam tentang subjek yang ingin Anda pelajari, dan itu tidak semua akan jatuh dari kepala Anda begitu Anda meninggalkan ruang ujian.

Lihat video di bawah ini untuk melihat teknik yang ada dalam tindakan:

VIAaum
SUMBERsciencealert
BAGIKAN