BAGIKAN
.[cips.org]

Neom, sebuah kota futuristik yang direncanakan akan dibangun di Saudi Arabia. Kota yang digambarkan mirip dengan apa yang diceritakan dalam novel-novel fiksi ilmiah.  Menurut sebuah dokumen perencanan rahasia yang diulas oleh the Wall Street Journal, kota ini memiliki robot-robot pelayan, taksi terbang dan pasir yang dapat menyala terang dalam gelap. Sebuah bulan buatan akan menerangi langit kota setiap malam, dan terdapat pula sebuah pulau dengan gaya “Jurrasic Park” akan menghibur para pengunjungnya untuk bersentuhan dengan robot-robot dinosaurus.

Dan dalam dokumen perencanaan setebal 2300 halaman yang berhasil diperoleh oleh WSJ terdapat pula rencana untuk merelokasi penduduk asli lokasi tersebut, pembangunan klinik pengedit gen manusia, dan pengawasan dari pemerintah 24/7—artinya kota futuristik ini akan dibangun persis seperti kota dystopian di film fiksi ilmiah.

Sejak tahun 2017, putra mahkota kerjaan Arab Saudi Muhammed bin Salman yang dikenal denan MBS, telah memulai rencana ini dan berkerjasama dengan tim konsultan untuk mewujudkan visinya membangun sebuah kota senilai $500 milyar di sebuah lokasi tandus di bagian barat laut Saudi Arabia.

Dan lokasi yang tadinya berupa padang pasir tandus akan dirubah menjadi wilayah yang subur dengan persediaan air yang melimpah. MBS berencana untuk menggunakan teknologi ‘penyemaian awan” untuk menurunkan hujan diatas kota Neom, menyejukkan udara disekitar kota, sehingga produk-produk segar hasil pertanian bisa diproduksi dengan mudah.

Warga kota masa depan yang kurang tertarik untuk mengunjungi pasar-pasar yang menjual produk-produk segar hasil pertanian nantinya bisa memesan tempat di restoran-sekelas bintang Michelin, direncanakan Neom akan memiliki restoran-restoran kelas dunia dengan jumlah paling banyak dari lokasi manapun di seluruh dunia.

Dan apalagi yang akan dibangun di kota Neom? WSJ mencatat adanya rencana untuk membangun sekolah-sekolah kelas internasional dengan guru-guru hologram, lapangan-lapangan pekerjaan tersedia dengan gaji terbaik di seluruh dunia, dan tentunya pasir yang dapat menyala terang dalam gelap, karena itulah yang MBS inginkan, dua orang yang mengetahui tentang proyek tersebut mengatakan pada WSJ.

“Neom adalah segala sesuatu yang diinginkan oleh para visioner dan mereka yang berorientasi masa depan,” Neom Chief Executive Nadhmi al Nasr mengatakan pada WSJ. “Kami menggunakan teknologi terbaru dan yang lebih dari itu, dan juga teknologi yang masih dalam pengembangan dan mungkin juga yang masih sebatas teori.”

Mungkin kita akan mudah terlena mendengar semua rencana detail dari kota masa depan ini, tetapi dibalik semua itu, kota ini dicurigai akan menjadi sebuah kota dengan pengawasan totaliter.

“Nantinya akan menjadi kota serba otomatis, dimana kami bisa mengamati setiap sudut kota,” dewan pendiri kota Neom mengatakan seperti yang tertulis dalam dokumen, menurut WSJ. ”(Kota) dimana setiap tindak kejahatan akan dengan mudah terlacak melalui sistem komputer canggih kota tanpa perlu ada laporan tentang kejadian tersebut.”

Dan bisa jadi nantinya, ketika anda sedang bersantai di atas pasir pantai yang bercahaya, atau ketika anda sedang memikirkan akan makan di restoran mana, sebuah drone yang dilengkapi denan tekonologi pengenalan wajah akan mengirimkan lokasi anda ke petugas penegak hukum Neom “1984”.

Dan ketika anda berada di pantai, jangan harap anda akan menemui penduduk asli wilayah tersebut, mereka semua telah direlokasi jauh sebelum kota ini dibangun, dan mungkin anda akan menemui populasi orang-orang dengan bentuk fisik yang paling sempurna dari yang pernah ada.

Semua ini terwujud berkat adanya klinik medis yang akan memodifikasi secara genetis warga kota Neom menjadi lebih kuat dan juga lebih cerdas, artinya MBS tidak hanya berencana membangun sebuah kota masa depan, tetapi juga “menciptakan” manusia-manusia masa depan.

Bagaimana pendapat anda, tertarik untuk tinggal di kota Neom?

VIAadell
SUMBERfuturism
BAGIKAN