BAGIKAN

Para ilmuwan telah menemukan sebentuk elektron eksotis yang berputar seperti planet sehingga bisa membawa kemajuan dalam berbagai teknologi pencahayaan, sel surya, laser, dan display dari peralatan elektronik.

Disebut sebagai “chiral surface exciton,” yang terdiri dari partikel dan anti-partikel yang saling terikat bersama-sama dan berputar-putar mengelilingi satu dengan yang lain pada sebuah permukaan padatan, menurut sebuah studi di Proceeding National Academy of Sciences.

Chiral atau kiral mengacu pada entitas, seperti sepasang tangan kita, serupa tetapi asimetris. “Kata ‘kiral’ berasal dari bahasa Yunani “cheir” yang artinya tangan. Coba bayangkan tangan kiri berada di depan cermin, tentu saja bayangannya adalah tangan kanan. Sekarang posisikan tangan kiri dan tangan kanan menghadap ke bawah atau ke arah lantai. Kemudian letakan tangan kiri di atas tangan kanan anda. Terlihat, tangan kanan tidak bisa diimpitkan dengan tangan kiri kita.” menurut Fendy dari ITB dalam tulisannya, yang tidak terlibat dalam studi ini.

Eksitasi terbentuk ketika seberkas cahaya yang sangat kuat menyinari padatan, memaksa elektron yang bermuatan negatif keluar dari tempatnya sehingga meninggalkan sebuah “lubang” [karena telah ditinggalkan], menurut penulis utama Hsiang-Hsi (Sean) Kung dari Rutgers University-New Brunswick.

Elektron dan lubang menyerupai gasing yang berputar dengan cepat. Elektron akhirnya “berputar” ke arah lubang, saling memusnahkan satu dengan yang lainnya dalam waktu kurang dari satu per satu detik sambil memancarkan semacam cahaya yang disebut “photoluminescence.” Temuan ini memiliki aplikasi untuk berbagai perangkat seperti sel surya, laser, TV dan display lainnya.

Para ilmuwan menemukan rangsangan kiral pada permukaan kristal yang dikenal sebagai bismuth selenide, yang dapat diproduksi secara massal dan digunakan sebagai bahan pelapis atau bahan lainnya pada peralatan elektronik, pada suhu ruangan.

“Bismuth selenide adalah senyawa menarik yang dimiliki keluarga bahan kuantum yang disebut ‘isolator topologi,'” kata penulis senior Blumberg dari Rutgers University-New Brunswick. “Mereka memiliki beberapa saluran di permukaan yang sangat efisien dalam menghantarkan listrik.”

Dinamika pada chiral surface exciton belumlah jelas dan para ilmuwan ingin menggunakan pencitraan ultra-cepat untuk mempelajarinya lebih lanjut. Chiral surface exciton dapat ditemukan juga pada material lainnya.

SUMBERRutgers University
BAGIKAN