Beranda SerbaSerbi Rumah Pengungsi IKEA

Rumah Pengungsi IKEA

146
BAGIKAN

Struktur modular flat IKEA, The Better Shelter, dianugerahi Desain of the Year oleh Museum Desain London tahun ini.

Dikembangkan sebagai kerjasama IKEA dengan PBB, Unit rumah modular ini memiliki tenaga surya dan terdiri dari 68 komponen, sehingga mudah untuk dirakit dalam hitungan jam. Produksinya sendiri dimulai pada tahun 2015, hingga kini ribuan rumah pengungsi telah dipasang di seluruh dunia untuk membantu krisis pengungsi yang sedang berlangsung.

Rumah pengungsi ini memiliki luas 17,5 meter persegi, yang bisa ditiduri oleh lima anggota keluarga, terbuat dari kerangka baja galvanis dengan dinding plastik polimer daur ulang dan dilengkapi pintu -yang dapat dikunci-. Selain itu terdapat satu set panel surya yang dipasang pada atap dan lampu LED ruangan berikut port USB untuk isi ulang ponsel. Sejak produksinya dimulai pada tahun 2015, ribuan unit telah dikirim ke seluruh dunia untuk digunakan baik sebagai hunian, fasilitas medis, titik distribusi makanan, hingga kantor.

Rumah Pengungsi ini mendapat dua penghargaan pada tahun 2017 yaitu Beazly Arsitektur dan Desain Grand Prize. selain mejadi koleksi Museum Desain London, sebagai “desain yang mempromosikan perubahan atas akses, pemanfaatan luas dan semangat desain.”