BAGIKAN

Alam dan arsitektur berkumpul dalam rencana pengembangan multi-guna di Dubai ini. AmorphouStudio merancang Menara Simbolis dengan menggunakan data lingkungan untuk memastikan penghuni merasa nyaman saat musim panas di Dubai yang beriklim tinggi. Pola Voronoi yang ditemukan di alam dan formasi oasis padang pasir juga menginspirasi rancangannya. Inhabitat berbicara dengan arsitek dan pendiri AmorphouStudio Zayad Motlib untuk mengetahui lebih jauh.

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, plaza

Cuaca panas berlaku sepanjang tahun di Dubai, dan AmorphouStudio menyumbangnya dalam desain Symbiotic Towers. Mereka menggabungkan data kontekstual lingkunganĀ  dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan pada AC.

Tiga menara – satu untuk keperluan perumahan, satu lagi untuk kantor, dan ketiga adalah hotel- terhubung di lantai dua dengan plaza belanja. Zayad Motlib mengatakan pola voronoi yang mengilhami tim desain bisa dilihat pada daun tanaman, pola batuan, atau sayap capung. “Alam mengembangkan sebuah sistem yang menghasilkan pola ini untuk menghasilkan berbagai formasi sel yang beradaptasi dengan kondisi yang berbeda,” katanya kepada Inhabitat. “Kami menggunakan strategi itu saat kami merencanakan plaza.”

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, plazaDek plaza bawahnya menawarkan “oasis semi-teduh hijau yang mewah” dengan area pengumpulan pohon dan air untuk musim panas. Dek atas terdiri dari sebuah “dek voronoi berlubang terbentang” yang sebagian dinaung oleh pepohonan. Payung fotovoltaik yang berada di atas struktur mirip pohon memberi lebih banyak penutup, dan energi matahari mereka menghasilkan kekuatan sistem ventilasi silang.

Menurut studio, “Perlakuan ini, bersama dengan naungan yang disediakan oleh tingkat dek atas dan perkebunan lebat, menciptakan lingkungan layak huni mikro yang dapat digunakan selama musim terpanas di Dubai.” Area lobi di dalam menara menciptakan “atrium transparan yang menyatukan lantai.”

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, plaza, Dubai“Formasi sel yang berbeda telah dieksplorasi dengan menggunakan kombinasi daya tarik dan sistem tolakan untuk menghasilkan pola yang bisa disesuaikan dengan sirkulasi dan penempatan bangunan di plaza, dan menjadi bagian dari pergerakan udara ventilasi silang antara tingkat oasis plaza bawah dan tingkat plaza atas,” kata Motlib kepada Inhabitat.

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, plaza, Dubai

Data radiasi dari bulan Mei sampai Oktober – bulan terpanas di Dubai – dibantu AmorphouStudio dalam mengembangkan kulit menara. Perancang memetakan data ke geometri bangunan untuk memberi tahu orientasi dan bentuknya. Hasilnya adalah trio menara futuristik yang berputar untuk mengurangi luas permukaan terkena radiasi tinggi.

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, plaza

“Suhu bangunan dipertahankan melalui perawatan desain bentuk generasi, balkon, dan kulit,” kata Motlib kepada Inhabitat. “Bentuk bangunan telah dikembangkan melalui negosiasi antara data situs dan paparan radiasi mereka. Pemecah evolusi telah digunakan untuk meminimalkan paparan kulit mereka terhadap sinar matahari. Balkon bervariasi berdasarkan orientasi mereka untuk memberi zona teduh yang lebih dalam di daerah yang terkena radiasi yang lebih tinggi. Selain itu, kulit luar bangunan berfungsi sebagai perangkat shading eksternal dengan ukuran pembukaan bervariasi berdasarkan paparan sinar matahari.”

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, oasis, oasis levelMotlib mengatakan bahwa mereka masih meneliti kinerja bahan terbaik untuk kulit, dengan panel terakota berbasis tanah liat atau bahan komposit serat sebagai kemungkinan.

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, interior, light, patterns

Studio ini merancang Menara Simbiotik untuk Dubai’s Jumeirah Gardens, dan proyek ini masuk ke dalam daftar MEA Awards 2017 untuk Concept Design of the Year.

Proyek ini saat ini sedang dipegang dan Motlib belum yakin kapan akan bergerak maju – namun sementara itu, katanya, mereka bekerja untuk “meningkatkan kesadaran akan prinsip-prinsip desain proyek ini dan keuntungan ekologisnya yang kami capai dengan memasukkan data lingkungan kontekstual dan pemandangan alam Dubai untuk mencapai sintesis bentuk, kulit, dan ruang publik.”

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, tower, towers, night

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, interior, light, patterns

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, hotel, hotel room, interior

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, architecture, interior, light, patterns

Symbiotic Towers, Symbiotic Towers by AmorphouStudio, AmorphouStudio, towers, tower, architecture, design