Tiket Kereta Termewah Ini Mendekati Angka $10.000

BAGIKAN

Kereta mewah asal Jepang ‘the train suite shiki-shima’ ini , telah dijuluki sebagai sarana transportasi umum termewah di dunia. Kereta tersebut baru saja melakukan perjalanan perdananya dari Tokyo menuju pulau Hokkaido. Para  pengamat  menyebutnya sebagai ‘perjalanan untuk mendapatkan pengalaman kemajuan paling terkini’.

Estetika kereta telah dirancang oleh Ken Kiyoyuki okuyama, perancang otomotif di belakang ferrari enzo dan P4 / 5 bersama dengan Maserati Quattroporte,  dan telah mentransformasikan super car ke transportasi umum yang elegan. Dengan  gaya atap mobil, jendela geometris yang besar dan sofa mewah, perjalanan disaat hujan dengan  shiki-shima seolah merasakan pengalaman pada  sebuah perjalanan yang sangat teristimewa.

Dihias dengan bahan tradisional seperti kayu, ‘washi’ kertas jepang dan pernis jepang, kereta api telah  dipadukan dengan warisan budaya leluhurnya. Kereta Suite shiki-shima menggunakan teknik artistik yang telah menjadi bagian dari budaya jepang dari generasi ke generasi, begitupun dengan lanskap oriental dengan estetika interior yang mengingatkan pada hutan yang teduh dan berjejer.

Kamar kamar shiki-shima dilengkapi dengan lantai tikar tatami, sementara bathtub cypress di atas para penumpang dapat mengharumkan kembali tubuh saat di tengah perjalanan. Para tamu bahkan didampingi oleh para pegawai dengan seragam custom yang dirancang oleh Uniqlo Creative Director Naoki Takizawa.

Okuyama mengisyaratkan penggunaan kerajinan rakyat jepang dengan penggunaan kayu bentwood melengkung yang dipanaskan dengan uap -untuk membingkai sofa dan tempat duduk. Sementara itu, pabrik karpet oriental merawat untuk desain di bawah kaki. Menggunakan karpet hiasan ornamen mereka yang sudah bisa ditemukan di istana veteran dan rumah tamu negara Kyoto.

Kereta ini terdiri dari 17 ruangan, dengan dua kamar suite besar dan 15 kamar yang lebih kecil. JR-east, operator kereta api di balik mahakarya mewah, berusaha memberi ‘ruang kelas tinggi’ yang saat ini tak nampak pada kereta api yang sudah ada.

Jauh dari kesan memisahkan ketenangan para tamu dari pemandangan alam di luar, suite kereta Shiki-shima menggabungkan dunia luar ke dalam pengalaman mengendarai kendaraan yang mewah.

Dengan  kaca yang dirancang khusus ‘di bagian depan dan belakang kereta, tumpangan ini menawarkan pemandangan panaromis lansekap beragam Jepang. Perjalanan bahkan semakin lengkap dengan pengalaman kuliner yang disesuaikan  oleh daerah dimana perjalanan kereta api sampai, menyajikan makanan musiman dari daerah setempat untuk dimakan dengan alat makan perak nikel yang dibuat oleh Yamazaki Kinzoku Kogyo.

Kereta bisa menggunankan tenaga diesel maupun listrik. Karena dirancang untuk perjalanan santai, kecepatan maksimalnya hanya mencapai 68 mph. Dengan tiketnya yang mendekati $10.000, Kereta ini sudah penuh dibooking sampai Maret 2018.

VIAaum
SUMBERdesignboom
BAGIKAN