BAGIKAN

Kotoran, limbah, polusi. Dingin, bingkai kaku jendela untuk utilitas utama. Jeritan yang mengambang di gudang yang remang-remang tanpa tanda-tanda sinar matahari. Saat memikirkan pabrik, keindahan biasanya bukan hal pertama yang harus diingat. Tapi seperti daftar ini mencerminkan, itu tidak bisa jauh dari kebenaran. 25 Pabrik Terindah Terbaik Berikut ini adalah daftar 25 dunia yang paling unik.

Metodologi

Keindahan di pabrik bisa berarti banyak hal. Desain eksterior. Fungsi interior Efisiensi lingkungan. Tata letak lansekap Jika ada, tidak mungkin untuk secara tepat mengukur. Berikut pilihan terbaik. Pabrik yang terpilih untuk daftar ini memenuhi beberapa kriteria:

  • Berisi beberapa fitur desain yang sangat khas
  • Memenangkan penghargaan atau kutipan untuk estetika
  • Jelas melebihi utilitas murni yang dibutuhkan sebuah pabrik

 

1Pabrik Van Nelle, Rotterdam, Belanda

Dibangun: 1925. Yang unik : Salah satu tempat teratas dalam daftar sebagai sepotong sejarah arsitektural. Dirancang pada tahun 1925, Pabrik Van Nelle adalah serangkaian bangunan saling berhubungan yang bergantung pada cahaya alami dan mengalir melalui jendela tipis untuk tampilan yang khas. Pekerja membuat kopi, teh, dan tembakau. Para ahli menganggap bangunan itu berada melebihi waktunya dalam desain dan fungsinya. Menyediakan pekerja industri dengan cahaya alami mencerminkan tingkat kepedulian terhadap buruh yang langka pada awal abad ke-20. Segera setelah jadi, konstruksi itu digambarkan sebagai “puisi baja dan kaca.” Ketika Rotterdam dibom selama Perang Dunia II, Van Nelle tetap bertahan. Padahal, rapat perencanaan rekonstruksi kota digelar di kantor pabrik. Van Nelle dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014. Pabrik tersebut dianggap salah satu monumen industri terpenting di Belanda.

2Pabrik Transparan Volkswagen, Dresden, Jerman


Dibangun: 2002. Pabrik Transparan dibuat mencolok. Mayoritas eksteriornya terbuat dari kaca, memungkinkan pengunjung melewati untuk melihat beberapa aspek produksi. namanya double-entender yang juga secara simbolis mengacu pada transparansi perusahaan dalam proses produksinya, dan kemauannya untuk terbuka. Mirip dengan Aerzen, Volkswagen mencerminkan prinsip-prinsipnya dalam desainnya. Namun, Volkswagen memang mengerti bahwa transparansi pun bisa menyesatkan. Sistem suara luar yang menyiarkan “bahasa burung” membuat makhluk tidak menabrak kaca. Dinding pabrik terbuat dari kaca, lantainya seluruhnya ditutupi oleh maple Kanada. Dan tata letaknya ramah pengunjung, disiapkan untuk menerima per hari, 250 wisatawan (dengan tiket masing-masing 5 euro), sementara pelanggan, atau prospek (gratis).

3Aerzen Green Building, Coatesville, PA, USA


Dibangun: 2008. Yang unik: Aerzen adalah pabrik manufaktur bersertifikat LEED Gold yang pertama di Pennsylvania. Itulah penghargaan lingkungan tertinggi yang bisa diterima oleh sebuah bangunan. Aerzen telah selesai pada tahun 2008 setelah proses desain kreatif disebut charette. Hasil akhirnya adalah bangunan yang seluruhnya beroperasi pada energi matahari. Sinar matahari menyinari pabrik dan kantor. Dindingnya terbuat dari balok jerami dan pemandangan sekitarnya adalah padang rumput liar yang dipugar dengan hati-hati. Suasana pastoral membawa ketenangan yang khas dari lingkungan industri. fitur terbaiknya adalah taman atap dengan sistem daur ulang air hujan. Tanaman berfungsi sebagai isolasi. Ini melibatkan pemecah bangunan menjadi komponen. Dan memiliki tim vendor, insinyur, arsitek, dan konsultan dari luar yang bekerja dengan eksekutif Aerzen untuk melakukan brainstorming atas segala kemungkinan baik di dalam maupun di luar bidang keahlian mereka.

4Fasilitas Rumah Hijau, Holland, MI, AS

Dibangun: 1995. Yang unik: Bagi Herman Miller Furniture dengan keindahan yang menghasilkan keuntungan. Menurut arsiteknya, pabrik dan gedung perkantoran, yang dikenal sebagai GreenHouse, dirancang untuk “terintegrasi secara visual dan fisik dengan situs ini.” Ini berarti bangunan tersebut direncanakan agar sesuai dengan lanskap secara alami seperti pohon. Jendela tipis menyediakan siang hari yang konsisten di seluruh struktur. Fiturnya yang paling keren adalah The Street, aula yang membentang di sepanjang gedung dan menghubungkan semua kantor dan ruang manufaktur bersama-sama di ekosistem industri tunggal yang ramping. Sama menariknya dengan gambar Rumah Adil Herman Miller, kisah sebenarnya ada dalam angka, yang membingungkan. Sekitar 45 juta kilogram bagian, bahan dan kemasan masuk ke pabrik setiap tahun. Jumlah sampah yang dikirim ke TPA setiap bulan: lima belas kilogram . Mereka tidak membuang-buang waktu, tidak membuang-buang bahan, tidak membuang energi, tidak menyia-nyiakan apapun.

5Pabrik Minyak Zaitun Olisur, Santiago, Cile

Dibangun: 2009. Apa yang unik: Panel coklat yang khas mencair ke lingkungan seperti padang pasir. Kolom kayu bergaris di ambang pintu. Pabrik Minyak Zaitun Olisur entah bagaimana berhasil menjadi kasar sekaligus futuristik. Desainnya dimaksudkan untuk meniru arsitektur hunian praktis yang lebih tua dari lembah-lembah Cile tengah. Strukturnya terbuat dari beton yang dilapisi kayu dan kaca. Seluruh struktur, termasuk semua bahan pabrik, terbuat dari bahan biodegradable. Benda itu berada di atas area yang dilapisi pohon lembut, mengintip lembut dengan fasad kayu dan nada yang menyoroti luminositas tempat itu. Bangunan meleleh sebagai satu dengan geografi dan memproyeksikan garis-garis pepohonan di fasadnya.

6Gedung Pusat BMW, Leipzig, Jerman

Dibangun : 2005. Apa yang unik: Sementara banyak pabrik berusaha mengubah gudang khas menjadi sesuatu yang melebur dengan lanskap atau mengantisipasi masa depan, BMW memutuskan untuk tetap bertahan di masa lalu. Mereka mempertahankan sebuah kantor tradisional dan sebuah pabrik tradisional dan menggabungkan mereka ke dalam satu kompleks. Cara pabrik terjalin ke gedung perkantoran dimaksudkan untuk mempersatukan para pekerja bersama menuju tujuan akhir mereka: memperbaiki bisnis. Dari ruang perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi, karyawan dapat melihat proses manufaktur melalui jendela tipis di lantai bawah. Alur interior yang luas, yang disebut pusat saraf atau simpul komunikasi, dapat diakses dari semua tingkatan. Desainnya bertujuan untuk mendekonstruksi pembagian spasi kerah putih konvensional / kerah biru.

7McLaren Technology Centre, Woking, Inggris

Dibangun: 2004. Yang unik: terletak di tepi danau, eksterior pabrik McLaren seperti dalam bentuk huruf S yang panjang. Ketinggian sengaja dibatasi untuk meminimalkan dampak visual struktur terhadap lingkungan; Pejalan kaki masih bisa melihat pepohonan di atas bangunan. Awalnya dirancang sebagai kantor secara ketat, bangunan aslinya berukuran dua kali lipat untuk memasukkan ruang produksi untuk mobil. interior keseluruhan struktur cukup besar untuk menyimpan sembilan jet Boeing 747 Jumbo. Upacara pembukaan gedung tersebut dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron. Susunan linier dari struktur dua lantai tersebut mencerminkan arus jalur produksi: komponen dikirim; Mobil-mobil itu dirakit, dicat dan diuji, lalu lewat jalan yang bergulir dan cuci mobil, sebelum meninggalkan gedung.

8FRABA sp zoo, Slubice, Polandia

Dibangun: 2006. Yang unik: FRABA Sp adalah prototipe, jenis tanaman sejenis yang sejak dulu diciptakan dalam gambar di seluruh dunia. Komponen otomasi pabrik manufaktur, lokasi ini dikuratori dengan daerah setempat. Langit langit segitiga menutupi langit-langit, yang berarti operasi siang hari diterangi matahari. Desain langit-langit segitiga mencampur estetika dengan tujuan bisnis: posisi arsitektur atap mengoptimalkan ruang yang tersedia. Desain bereaksi terhadap kondisi konstruksi dan logistik spesifik lokasi untuk masing-masing lokasi. Karena di Polandia ada pasokan kayu yang cukup dengan biaya rendah dibandingkan dengan struktur baja konvensional.

9Vysota 239 Tanaman, Chelyabinsk, Rusia

Dibangun: 2010. Yang unik: Warna cemerlang melapisi dinding. Lantai kayu yang diukir, bersinar seperti lapangan basket, garis jalan setapak dan zona aman di seluruh kompleks. Gudang Vysota ini tidak keluar dari tempatnya sebagai bagian dari taman hiburan. Anda mungkin tidak akan menebak bahwa itu adalah pabrik penggilingan pipa. Desain yang cerah dari fasilitas produksi ChelPipe adalah bagian dari filosofi perusahaan yang disebut “Metalurgi Putih” yang didasarkan pada budaya perusahaan dan sistem produksi. Filosofi menghidupkan transformasi industrial design, work and social environment, dan identitas yang percaya bahwa interior yang indah dan nyaman meningkatkan produktivitas kerja dan moral perusahaan, mempengaruhi sikap karyawan terhadap pekerjaan dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam bisnis.

10Anchor Brewing, San Francisco, CA

Dibangun: 1937. Apa yang unik: Dengan dinding berpanel kayu, tong pembuatan bir kuning, dan tangga spiral pedesaan yang mengarah dari lantai produksi ke lantai produksi, Anchor Brewing Factory memiliki nuansa dari sebuah dongeng. Serambi-serpihan bir pembuatan bir tampak sebagian alkimia. Memang, tempat pembuatan bir bersejarah didirikan pada puncak demam emas California oleh seorang prospektor yang mengalihkan pandangannya ke bursa sebagai gantinya. Pabrik saat ini adalah pabrik pemanggangan kopi yang dirancang ulang yang dibangun pada tahun 1940-an sebelum diubah menjadi salah satu pabrik microbrew pertama di negara itu yang sehat, menyenangkan, dan bohemian.

11NPO Energomash Plant, Khimki, Rusia

Dibangun: tidak diketahui. Apa yang unik: Tanah berasap kabut. Dinding melengkung menahan tombol, nozel, benda-benda kusut yang lenyap di tikungan. Skala tipis pabrik roket rahasia ini sebelumnya sangat indah. Tampak surealis dan sci-fi-esque bahwa ketika foto-fotonya pertama kali muncul di Internet, orang-orang sinis mengklaim bahwa itu harus dipalsukan. Tapi Pabrik Roket Khimki sangat nyata. Terletak di luar Moskow dan foto dilarang. Namun, satu fotografer pemberani, Lana Sator, menyelinap masuk dan mengambil beberapa foto, termasuk yang ini. Pabrik itu milik NPO Energomash , produsen terkemuka mesin roket propelan militer kelas militer. Tapi pabrik yang tampaknya jompo ini jauh dari ditinggalkan. NPO Energomash membangun roket yang memperkuat Soyuz modern, Zenit 3SL, dan kendaraan peluncuran Angara dan Baikal. Mesin RD-180 mereka memberi kekuatan pada tahap pertama Atlas V, sebuah roket Amerika, dan mereka memiliki ikatan kuat dengan militer Rusia – yang memiliki salah satu persenjataan terbesar rudal balistik bersenjata nuklir di dunia.

12Pabrik Slugger Louisville, Louisville, KY, AS

Dibangun: 1996. Apa yang unik: Tidak ada yang lebih Amerika daripada baseball, dan hanya sedikit, jika ada pabrik Amerika yang berbeda dengan pabrik Louisville Slugger. Rumah bagi salah satu produsen peralatan olahraga tertua dan paling terkenal di dunia , pabrik ini menjalankan fasilitas produksinya berdampingan dengan sebuah museum yang memberikan penghormatan kepada sejarah perusahaan dan para atlet legendaris yang bangkit dengan kebesaran pada lini produknya. Tongkat pemukul di bagian depan struktur berdiri bebas, seolah diseimbangkan oleh beberapa ogre yang lewat, hanya menyelesaikan satu permainan pick-up lagi. Ciptaan ikonik berada di jantung pabrik ini. Tongkat bisbol kayu penting bagi siapa saja yang pernah memainkan permainan atau mengayunkan satu per satu atau lain. Keindahan pabrik ini berasal dari kenyataan bahwa dibangun sebagai home run dari tempat tongkat baseball pertama dibuat. Dari jalanan, bangunan itu tampak seperti berada di sana sejak awal dan yang berbeda adalah tongkat baseball 6 meter yang bersandar di sana. Melangkah ke belakang adalah hubungan dari yang baru ke yang lama, membiarkan kekosongan untuk menghargai replika tongkat baseball, sebelum bagian pabrik yang tersisa melangkah maju lagi dalam ekspresi bata dan etalase gratis. Di dalam pabrik, para pengunjung diizinkan untuk menyaksikan pembuatan tongkat baru setelah mereka melewati hutan simulasi, mereka disuguhi saat-saat bersejarah dalam permainan dan diizinkan menggunakan replika tongkat dari pemain favorit mereka di stadion. Cara pabrik ini tidak hanya memproduksi tongkat kayu untuk digunakan di permainan, namun memberikan pengalaman publik tentang semuanya sangat luar biasa.

13Siemens Electrical Plant, Hamburg, Jerman

Dibangun: 1989. Apa yang Unik: Mungkin sulit membayangkan pabrik elektronik sebagai barang yang indah. Tapi bayangkan bagian dalam saat jam kerja, dan Anda akan tahu ide bagus tentang pabrik Amberg Siemens yang sebenarnya terlihat di tengah hari. Pabrik Siemens juga merupakan pemenang penghargaan “Best Factory in Europe” 2007 , yang diberikan oleh French Business School INSEAD. Tidak mungkin mata manusia mengikuti pergerakan mesin-mesin di Amberg Electronics Manufacturing Plant (EMP) yang sangat cepat saat mereka memasang chip, transistor, resistor, dan kapasitor ke papan sirkuit kosong yang berterbangan di atas sabuk pengaman.

14Anheuser-Busch, Newark, NJ, AS

Dibangun: 1996. Yang Unik: Labirin tangga kayu yang dipoles halus dan pagar putih yang dicat mengarah ke lantai pembuatan anjuran Anhauser-Busch, yang nampak bukan seperti pabrik dan lebih mirip perpustakaan. Sebuah array panel surya di atap – lebih dari 7.000 unit fotovoltaik seluas 130.000 meter persegi – bertanggung jawab untuk sampai 10% dari seluruh daya pembuatan bir pada hari rata-rata, menjadikan mereka salah satu pengguna tenaga surya yang paling signifikan di negara ini. Newark adalah lokasi pembuatan bir cabang pertama. Hari dimana ada tempat pembuatan bir terkenal dengan tanda elang terbang animasi. The Eagle, terjalin dengan huruf kapital merah “A”, nampaknya terbang seperti 4.500 meter lampu neon berkedip berturut-turut. Tanda itu bertengger 250 meter di atas tempat pembuatan bir, telah menjadi landmark Newark selama bertahun-tahun. Tanda itu bisa dilihat oleh pelintas antarkota serta oleh pilot dan penumpang maskapai Bandara Internasional Newark. Tanda bulat berdiameter 34 meter, 6 meter dalamnya dan berputar searah jarum jam. Beratnya sekitar 15 ton, sedikit lebih berat dari rata-rata bus sekolah. Ada juga tanda Budweiser horizontal di sisi Brewhouse yang menghadap ke selatan dan tanda Light Light vertikal menghadap ke utara.

15Guinness Brewery, Irlandia

Dibangun: 1904. Yang Unik: Kantor pusat bir utama Irlandia telah menjadi tujuan utama sebagian besar berkat tur pabrik di dalamnya. Guinness ‘beer sendiri adalah ikon internasional, dan mereka tidak akan menderita secara komersial jika markas mereka berada di pabrik umum yang modern. Pecinta bir dari seluruh dunia masih akan mencicipi produk mereka dan mengagumi proses penciptaannya. Tapi dengan mempertahankan pabrik lama mereka, mereka telah membuat pilihan penting. Indah ada di mata yang melihatnya, dan karena ini penggemarnya menghargai sejarah dan nilai menjaga struktur bersejarah komunitas, sebagai cara Guinness memilih untuk mengembalikan andalannya daripada membangun kembali yang baru, dalam istilah, ‘Brilian!’ Keputusan untuk menjaga dinding lama dan menyegarkan bagian dalam menceritakan banyak hal tentang karakter perusahaan dan menjamin penghormatan bukan hanya sejarawan tapi rekanan juga. Guinness menghargai sejarahnya cukup untuk merangkulnya dan memperindahnya dengan fasilitas modern seperti restoran atas atap yang baru, museum baru dan ruang pengecapan baru. Karakter dan pesona masing-masing sesuai dengan minuman lezat yang diseduh di dalam dinding bersejarah yang ditemukan di Dublin.

16Pabrik Lockheed Martin di US Air Force Plant 4

Dibangun: 1940. Apa yang Unik: Tidak ada daftar pabrik yang ada di pikiran akan lengkap tanpa lantai gudang Angkatan Udara AS yang luas berisi puluhan jet tempur generasi mendatang tersebar di seluruh ruangan dalam berbagai tahap penyelesaian. Semangat produksi Perang Dunia II disilangkan dengan teknologi terdepan dari teknologi kedirgantaraan termasuk persenjataan baru dan desain siluman. Pabrik ini saat ini merupakan rumah produksi F-35, jet tempur paling maju di dunia. Untuk estetika belaka, dan cara apokaliptik di mana semuanya bersatu, beberapa pabrik dapat mencocokkan Plant 4, dimana pabrik ini mencakup 8 juta meter persegi luas lantai industri (pemerintah amerika memiliki 84%). Ini adalah operasi fabrikasi dan perakitan mandiri dengan fasilitas struktur teknologi tinggi dan kemampuan terbang (dari Carswell AFB di sebelahnya). Fungsi pendukung (logistik, engineering office space) dilakukan dari trailer di lokasi dan ruang yang disewakan.

17Rioglass Solar Construction Plant, Lena, Spanyol

Dibangun: 2008. Apa yang unik: Berkeliaran di perbukitan pesisir Atlantik Spanyol, vegetasi hijau subur mendominasi. Lokasi Pabrik Rioglass di Lima berada di ambang zona eko baru, di mana warna mulai berubah dengan cara yang menakjubkan. Desain pabrik mencerminkan benturan brilian ini. Di dalam, tidak ada perbedaan tajam tradisional antara ruang pabrik dan ruang perkantoran, yang memberi ruang pada tanaman secara egaliter untuk merasa bahwa para perancang percaya akan peningkatan kerja sama dan efisiensi. Kontras yang tiba-tiba di antara dataran tinggi Castille yang kering dan kuning dengan kemewahan tumbuhan Asturian yang menakjubkan sungguh menakjubkan. Salah satu motivasi utama proyek ini adalah untuk mentransmisikan sensasi ini, mencoba mengintegrasikan pabrik di dalam lansekap.

18Bang dan Olufsen, Struer, Denmark

Dibangun: 2008. Yang Unik : Permata bersejarah dan budaya Denmark, Bang dan Olufsen adalah salah satu produsen HiFi, aksesoris audio, TV, dan barang elektronik tertua di dunia. Gudang mereka berbeda untuk interior artistiknya dan penampilannya sebagai dua persegi panjang yang ditinggikan saling berhadapan di halaman yang luas. Kantor pusat perusahaan B & O lebih mirip museum seni kontemporer, atau setidaknya toko furnitur yang sangat keren, daripada pabrik tempat peralatan HiFi diproduksi.

19Paykar Bonyan Panel Factory, Teheran, Iran


Dibangun: 2006. Apa yang unik: Pabrik Paykar dibangun untuk memenuhi permintaan proyek konstruksi yang luar biasa yang melanda wilayah tersebut. Pabrikan panel tidak hanya ingin menyediakan produk yang cukup namun juga untuk menciptakan sesuatu yang unik. Hasilnya adalah ruang terbuka seluas 3.400 meter persegi dengan mezzanine berukuran 350 meter persegi yang menghadap ke lantai produksi. Berdekatan dengan areal tanaman adalah ruang pamer dan kantor yang hanya berjarak berjalan kaki dari lantai utama. Para ahli mengatakan bahwa lokasi tersebut telah berfungsi sebagai prototipe untuk pabrik serupa lainnya dan bahkan untuk arsitektur di seluruh negara Iran. Paykar terletak ridak jauh dari ibu kota di Teheran, di sebuah kota manufaktur yang diperuntukkan bagi industri yang tidak berpolusi.

20Situs Manufaktur Boeing, Everett, WA, AS

Dibangun: 1967. Yang Unik: Boeing menciptakan beberapa jetliner terkenal dan paling terkenal di dunia. Lantai produksi adalah labirin potongan dengan pekerja jet yang bergerak, yang dipusatkan oleh bingkai besar pesawat terbang tunggal yang diproduksi. Selama Perang Dunia II pabrik tersebut berfungsi sebagai tempat produksi B-17. Selama sejarah, kunjungannya dilihat dari puluhan pemimpin dunia dan pejabat tinggi. Dari tahun 2005 sampai 2009, lokasi Everett menerapkan proyek Pabrik Masa Depan untuk menciptakan area kerja baru yang terbuka dan diinginkan di gedung pabrik utama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kolaborasi, meningkatkan pengalaman karyawan dan mendukung keseluruhan efisiensi produksi. Sekitar 4.000 orang pindah ke 55.741 m persegi ruang direnovasi di lima menara perkantoran. Karena ukuran dan besarnya, pabrik Everett mengirim Boeing ke seluruh dunia.

21Aston Martin, Gaydon, Warwickshire, Inggris

Dibangun: 2003. Yang Unik: Ramping, langsing, dan sangat efisien: itulah yang menentukan dasar pabrik pembuat mobil ternama Inggris Aston Martin. Gudang itu adalah cermin dari mobil yang dihasilkannya. Dinding dan meja putihnya dihadiri oleh mekanik dan desainer berpakaian scrub putih, memoles dan mengutak-atik kendaraan yang bersinar. Keanggunan yang bersahaja dari pabrik ini bertujuan untuk meniru kerudung berkilau dari mobil yang dihasilkannya, eksterior sederhana yang mencakup kekuatan yang rumit. Arsitektur dinamis dan bahan elegan yang digunakan di markas Gaydon Aston Martin di Warwickshire, Inggris menggarisbawahi kualitas desain dan penyelesaian mobil yang diproduksi di sana. Bangunan tersebut merupakan perwujudan Aston Martin dan mobilnya, yang mencerminkan kekuatan gagasan, keindahan estetika dan batin solusi teknis maju dan jiwa yang berasal dari tangan yang menciptakan mobil sport murni.

22Pabrik Nestle, Brasil

Dibangun: 2011. Yang Unik : Dua menara merah menjulang tinggi, terbuat dari kaca, berdiri dari dataran kosong di pedesaan Brasil. Dari pemandangan ke segala arah, bangunan yang terdiri dari gudang Nestle terlihat ke mata publik. Menara tersebut merupakan penambahan pabrik coklat yang ada, dan dimaksudkan untuk mengakomodasi pekerja dan pengunjung dengan memperbaiki arus lalu lintas di seluruh lokasi. Tujuan utama perancangan kawasan kunjungan pabrik Nestle adalah menciptakan lanskap generik jalan raya yang menghubungkan São Paulo dan Rio de Janeiro, dengan mengungkapkan keberadaan ruang publik dan tempat yang mudah diakses.

23Yenidze Pabrik Rokok, Dresden, Jerman

Dibangun: 1909. Yang Unik : ini bukan masjid, ini pabrik rokok. Kata-kata yang tidak asing mungkin belum pernah diucapkan. Namun di Dresden yang bersejarah, perancang menemukan cara untuk mensejajarkan industri dan agama. Struktur khas ini, yang dikenal sebagai “masjid tembakau”, diciptakan pada tahun 1886 dan rancangannya berutang pada kode yang tidak biasa di daerah pusat kota yang melarang penciptaan benda apa pun yang terlihat seperti pabrik. Munculnya pabrik sangat berbeda dengan penumpang di kereta api terdekat sehingga nama merek asli yang diposkan di sisi struktur, “Salem Aleikum,” menjadi nama rumah tangga di wilayah Jerman itu. Akibatnya, bangunan tersebut tidak hanya memenuhi persyaratan dewan kota namun juga menjadi monumen iklan khas merek rokok oriental.

24Shell Factory, China

Dibangun: 2007. Yang Unik: Labirin luar yang rumit dari trotoar stainless steel, pipa dan knalpot yang terbuka menyala terang sampai malam dengan ratusan lampu kuning. Pabrik tersebut merupakan rumah bagi Shell Nanhai, anak perusahaan Royal Dutch Shell, raksasa minyak. Pabrik tersebut merupakan kemitraan antara Shell dan China National Offshore Oil untuk memproduksi petrokimia. Meskipun hal itu mungkin terdengar tidak menyenangkan bagi lingkungan, pabrik tersebut menghasilkan listriknya sendiri dan mengandung sistem yang kompleks untuk mengelola limbah. Ini adalah pabrik petrokimia terbesar di seluruh China. Dikembangkan sebagai tanggapan atas permintaan China yang terus berkembang pesat untuk petrokimia, proyek senilai $ 4,3 miliar melibatkan salah satu yang terbesar yang pernah ada. Kompleks pengolahan mencakup 2,6 km2 dan akan menghasilkan sekitar 2,3 juta ton produk per tahun.

25Pabrik Manufaktur Semikonduktor Fab32, Chandler, AZ, AS

Dibangun: 2007. Apa yang Unik : Membengkak lebih dari satu juta meter persegi dan berisi lebih dari seribu karyawan di lantai pabriknya saja, pabrik Intel 32 di Arizona benar-benar markas raksasa teknologi. Lantai utama berisi ruang kamar bersih seluas 184.000 meter persegi, yang akan membantu menciptakan puluhan juta prosesor hemat energi. Mungkin fitur tanaman yang paling khas tidak terlihat. Ini dinilai sebagai ruang bersih Kelas 10, yang berarti ada sepuluh atau kurang partikel berukuran 0,5 mikron atau lebih besar per 1 kaki kubik udara. Ukuran rambut manusia hanya 80 mikron. Sebagai perbandingan, ruang operasi rumah sakit adalah “Kelas 10.000,” yang berarti bahwa udara di dalam ruang bersih Intel 32 bersihnya adalah 1.000 kali lebih bersih daripada udara di ruang operasi. Udara luar mendekati “Kelas 3 juta. Prosesor ini didasarkan pada transistor grounding Intel dengan teknologi silikon gerbang logam Hafnium high-k, perubahan terbesar pada bagaimana transistor dibuat dalam 40 tahun.