BAGIKAN
Genteng yang banyak diantisipasi akan sesuai dengan masing-masing gaya rumah, dan akan lebih murah daripada panel surya konvensional. Atap pertama diperkirakan akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Tesla Inc ( TSLA.O ) mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya mulai membuat genteng atap premium di pabrik Buffalo, New York bulan lalu dan telah mulai mensurvei rumah pelanggan yang melakukan deposit sebesar $ 1.000 untuk memesan produk tersebut tahun lalu.

Atap surya, yang menghasilkan listrik tanpa memerlukan panel atap tradisional, merupakan landasan strategi pembuat kendaraan listrik untuk menjual gaya hidup bebas bahan bakar fosil di bawah merek mewah Tesla . Tesla meluncurkan produk tersebut pada bulan Oktober 2016 karena ia berusaha mengakuisisi solar installer SolarCity.

Pada saat itu, Tesla mengatakan bahwa produk tersebut dapat diluncurkan segera setelah musim panas 2017. Pada bulan November, pendiri Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa produk tersebut akan melalui proses pengujian enam bulan, dengan mengatakan bahwa “dibutuhkan beberapa saat untuk mendapatkan raksasa ini bergulir.”

Lebih dari selusin karyawan Tesla, termasuk Musk dan Chief Technical Officer JB Straubel, memasang atap surya di rumah mereka tahun lalu sebagai bagian dari program percontohan awal.

Tesla mulai menerima pesanan untuk atap surya pada bulan Mei dengan meminta pemilik rumah meletakkan deposit $ 1.000 melalui situs webnya. Tesla tidak akan mengungkapkan berapa banyak pemesanan yang telah diterimanya untuk atap surya. Produk akan dipasang di beberapa atap pelanggan dalam beberapa bulan mendatang.

Perusahaan tersebut mengatakan atap suryanya akan memakan biaya antara 10 dan 15 persen lebih rendah dari atap baru biasa ditambah panel surya tradisional.

Tesla berkolaborasi dengan mitra baterai lamanya, Panasonic Corp dari Jepang, untuk memproduksi produk solar di pabrik Buffalo. Ada sekitar 500 karyawan yang bekerja di lokasi saat ini, kata Tesla.

Perusahaan mulai memproduksi panel surya tradisional di lokasi tahun lalu, namun belum dipasang di atap rumah. Perusahaan tersebut mengatakan akan mencapai lebih dari 1 gigawatt produksi sel dan modul di Buffalo, dan mungkin sebanyak dua kali lipat, namun tidak memberi waktu untuk memenuhi target tersebut.

Tesla mengatakan fokus utamanya adalah meningkatkan produksi sedan Model 3-nya. Perusahaan mengatakan pekan lalu kemungkinan akan membangun sekitar 2.500 Model 3s per minggu pada akhir kuartal pertama, setengah dari jumlah yang telah dijanjikan sebelumnya.

VIAaum
SUMBERreuters
BAGIKAN