BAGIKAN

Dynamic Tower yang juga dikenal sebagai Dynamic Architecture Building atau Da Vinci Tower, direncanakan dibangun dengan tinggi sekitar 420 meter yang terdiri dari 80 lantai apartemen yang dapat berputar, yang merupakan hasil olah desain seorang arsitek David Fisher. Mulai dipromosikan semenjak tahun 2008. Namun baru pada tahun 2017 menurut perusahaan arsitektur Dynamic Group, Dynamic Tower diperkirakan dapat berdiri di Dubai pada tahun  2020. Tidak hanya di Dubai, juga direncanakan dibeberapa negara lainnya seperti Moskow.

Sebagaimana  gedung Suite Vollard- Brazil- yang selesai dibangun pada tahun 2001, Dynamic Tower  setiap lantainya dirancang untuk dapat berputar secara mandiri pada kedua arah jarum jam hanya melalui perintah suara. Sehingga dengan pergerakan setiap lantai tersebut yang dimungkinkan berbeda menghasilkan penampakan gedung yang bentuknya selalu dinamis.

Kecepatan putaran dirancang secara maksimum 6 meter per menit, atau tercapai satu putaran penuh dalam 180 menit. Sehingga orang tak perlu khawatir untuk menumpahkan kopi mereka. Namun dengan pergerakan lantai gedung, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para penghuninya untuk dapat  menikmati pemandangan secara utuh. Para penghuni dapat menikmati sunrise sekaligus sunset dari tempat mereka.

Dynamic Tower direncanakan menjadi pencakar langit pertama di dunia yang disusun oleh setiap lantai yang merupakan hasil dari  40 fabrikasi.  Menurut Fisher, sang perancang, bahwa 90%  bagian gedung dibuat secara fabrikasi diluar area. Setelah siap, baru kemudian disusun untuk melengkapi proses pembangunan gedung. Lantai-lantai di Dynamic Tower berupa unit-unit prefabrikasi, terbuat dari baja, alumunium, dan karbon.

Dengan demikian jika dibandingkan dengan proses pembangunan gedung secara normal, prosesnya menjadi lebih cepat dengan jumlah pekerja yang jauh lebih sedikit sehingga  biaya pembangunanpun menjadi lebih hemat. Satu – satunya bagian gedung yang dipekerjakan di area adalah pilar utama inti dari gedung yang nantinya bakal terdiri dari  alat transportasi angkut para penghuni gedung dan juga kendaraan mereka.

Keunggulan lainnya, Dynamic Tower dilengkapi dengan power plant yang mampu menghasilkan listrik -yang diperkirakan dapat melebihi dari yang diperlukan-. Pada setiap atap apartemen terdapat Panel Surya sebagai sumber listrik tenaga matahari. Dan diantara setiap lantai  terdapat turbin angin diletakkan secara horizontal yang juga menghasilkan energi listrik ramah lingkungan. Terdapat  79 buah turbin dari jumlah seluruh turbin gedung.

Lalu, berapa harga setiap apartemen yang ditawarkan? Harga untuk unit apartemennya dalam kisaran 4 juta dollar Amerika Serikat (Rp 53,4 miliar) hingga 40 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 534,3 miliar.

VIAAum
SUMBERCNN
BAGIKAN