Beranda Rekomendasi Rumah Perjalanan Untuk Semua Musim

Rumah Perjalanan Untuk Semua Musim

133
BAGIKAN

Bukan hal mudah untuk tinggal sendirian di alam bebas untuk jangka waktu yang sangat panjang. Banyak hal yang harus dijelaskan kepada orang – orang disekitar. Selain itu, meninggalkan lingkungan yang sudah nyaman, meski mendapatkan kebebasan untuk kembali ke alam terbuka akan menghadapi beberapa resiko. Faktor cuaca, ketersediaan listrik, pembuangan dan sarana utilitas lainnya. Lain halnya jika hunian hanya digunakan untuk sementara waktu.

Namun saat sekarang sudah banyak inovasi yang dikembangkan untuk  dapat mengatasi semua kesulitan itu. Seiring dengan semakin maraknya perekembangan rumah prefab -modular- yang disesuaikan dengan konsep berkelanjutan dan tuntuan perkembangan zaman. Sehingga dengan perkembangan teknologi yang mulai diimplementasikan, memungkinkan hunian sementara menjadi tempat tinggal permanen.

Baca juga : Tentang Rumah Prefab

Banyak hal telah diciptakan untuk mendukung kondisi perjalanan pengembara: mulai dari tenda, kantong tidur, hingga trailer. Tapi konsep kenyamanan modern saat ini berubah dan orang lebih menginginkan akses terhadap panas, cahaya dan kenyamanan lainnya. Sebuah eco-house lipat yang baru diciptakan untuk perjalanan dapat memberi para wisatawan semua fasilitas dengan segala kenyamanannya.

Inovasi turis disebut DOM (E) dan merupakan rumah geodesi lipat dengan kubah ekologi dan struktur internal yang melengkung. Kubah ini dirancang untuk penggunaan sepanjang musim dan dapat dengan mudah melindungi penghuninya dari panasnya padang pasir atau dari embun beku yang parah dalam kondisi wilayah utara yang ekstrim.

Keuntungan dari rumah ini adalah bahwa hal ini tidak mengurangi kenyamanan, sebagaimana trailer yang dilengkapi dengan baik. Menurut penciptanya, konstruksi bangunan menggunakan bahan ramah lingkungan, dan karena itu tidak perlu biaya besar untuk memasangnya. Dan, konsumen mampu membeli DOM (E).

Jangan dilihat karena disainnya yang tidak biasa, rumah ini dilengkapi dengan kemampuan ventilasi yang baik dan aliran udara dengan saluran bawah tanah, Dimana bagian atasnya dirancang untuk mengumpulkan hujan dan energi matahari. Seluruh sistem sendiri terhubung dengan tangki air panas untuk kamar mandi dan dapur air hangat.

credit to NRJA
credit to NRJA
credit to NRJA

 

credit to NRJA

 

Sebagai informasi, pembagian ruang ada tempat untuk dapur, tempat untuk berenang, dan tempat untuk bisa mengeringkan dan menghangatkan diri. Sedangkan untuk finishing eksterior, DOM (E) dilapisi dengan karet beton dan cairan dengan interior dengan kayu lapis birch yang nyamandengan insulasi yang bagus. untuk menghangatkan diri, perapiannya dipasang untuk memberi kesan desain sederhana.

Struktur internal pendukung sendiri memberikan ketahanan terhadap pengaruh eksternal – kayu dilaminasi terpaku dengan tulangan logam, insulasi 200mm, finishing eksterior – pelat beton 9mm, ditutupi dengan karet cair, dekorasi interior – kayu lapis birch. Isolasi pondasi pra-disiapkan di sekelilingnya. Bingkai dan pengisian – on-site prefabrikasi.